Pengembangan Aplikasi RasulEdu Berbasis Android untuk Meningkatkan Literasi Digital pada Pembelajaran PAI Materi Sejarah Dakwah Rasulullah di SMP Negeri 1 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i02.1909Kata Kunci:
RasulEdu, Android, literasi digital, Pendidikan Agama Islam, Sejarah Dakwah RasulullahAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Android bernama RasulEdu untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya materi Sejarah Dakwah Rasulullah bagi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palangka Raya. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan produk, implementasi, dan evaluasi. Pembuatan aplikasi dilakukan menggunakan Canva untuk desain visual dan Smart App Creator untuk proses pengembangan. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli teknologi pendidikan. Analisis data mencakup penilaian kelayakan produk dan uji peningkatan literasi digital melalui pretest–posttest. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 91% dengan kategori sangat layak. Uji coba lapangan terhadap 30 siswa memperlihatkan peningkatan rata-rata literasi digital dari 65,3 menjadi 84,7. Temuan tersebut menunjukkan bahwa RasulEdu efektif meningkatkan kemampuan digital dan pemahaman siswa terhadap materi dakwah Rasulullah. Secara keseluruhan, aplikasi ini dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang relevan, interaktif, dan mendukung pembelajaran PAI di era digital.
Referensi
Abas, S. Z. B., & Supi’ah. (2025). Integrasi teknologi digital dalam pengembangan sumber belajar PAI yang kontekstual dan relevan. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 391–402.
Aluf, W., Safina, R. I., Mauila, H., & Mahbubi, M. (2025). Meneladani semangat dakwah Rasulullah: Refleksi materi SKI kelas 7 dalam kehidupan remaja Muslim. ALMUSTOFA: Journal of Islamic Studies and Research, 2(01a), 38–44.
Asmawati, A., Samiyono, S., Arifin, A., Wasliman, I., Iriantara, Y., & Paramansyah, A. (2023). Digitalisasi untuk layanan pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya tahun 2022. RESLAJ, 5(4), 2746–2752. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i4.2592
Azis, A. (2021). Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis IT.
Febiola, D., Susilawati, S., & Purna, H. P. (2025). Implementasi literasi digital pada pembelajaran IPAS kelas V SD Negeri 17 Rejang Lebong (Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup). https://e-theses.iaincurup.ac.id/8966/
Fitriana, L. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada muatan pelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi dan literasi digital siswa kelas V sekolah dasar (Master’s thesis). TESIS.
Firza Athala Lutfi. (2023). Perancangan pola desain antarmuka dan pengembangan komponen responsif pada sistem manajemen pembelajaran (Diploma thesis, Universitas Narotama). http://repository.narotama.ac.id/1928/
Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia interaktif untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab. Al-Ta’rib, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902
Khasanah, I. (2025). Implementasi variasi metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 02 Patean Kendal (Master’s thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang). https://repository.unissula.ac.id/41072/
Khasanah, K., & Rusman, R. (2021). Development of learning media based on Smart Apps Creator. Al-Ishlah, 13(2), 1006–1016. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.549
Maufur, H. F. (2020). Sejuta jurus mengajar mengasyikkan. Alprin.
Mulyadi, V. I. (2024). Implementasi literasi digital dalam peningkatan pemahaman karakter keagamaan siswa. Journal of Islamic Education and Learning, 4(1), 24–34. https://doi.org/10.63761/jiel.v4i1.126
Nurhakim, M. (2025). Pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multimedia Smart Apps Creator (SAC) di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1365–1380.
Novianto, A. R., & Rani, S. (2022). Pengembangan desain UI/UX aplikasi Learning Management System dengan pendekatan User Centered Design. Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, 2(1), 21–32. https://doi.org/10.20885/snati.v2i1.16
Parhan, M., et al. (2022). Literasi digital dakwah: Pedoman dalam melakukan dakwah di era digital. Basya Media Utama.
Priolawati, M., Normuslim, N., & Gofur, A. (2025). Strategi penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI di SMAN 2 Palangka Raya. Jurnal Bilqolam, 6(1), 146–160. https://doi.org/10.51672/jbpi.v6i1.608
Rahmawati, L., et al. (2024). Pemanfaatan aplikasi Canva dalam penyusunan media pembelajaran berbasis teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129–136.
Rahmani, D. A., Risnawati, R., & Hamdani, M. F. (2025). Uji t-student dua sampel saling berpasangan/dependent (paired sample t-test). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 568–576.
Resky, M., Saputra, H. N., & Razilu, Z. (2025). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 15(2), 110–127.
Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., … Gunawan, I. G. D. (2023). Pendidikan multimedia: Konsep dan aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Sidqi, A., Kinasih, A. D., Norhidayah, N., & Jasiah, J. (2025). Efektivitas Kahoot dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Islam Nurul Ihsan Palangka Raya. FONDATIA.
Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak negatif metode pengajaran monoton terhadap motivasi belajar siswa. Pedagogik, 2(2).
Susanto, A. (2023). Assessment dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis IT. Jurnal Tahsinia, 4(2), 338–349. https://doi.org/10.57171/jt.v4i2.265
Utari, A. S., Syahputra, T. A., & Halimah, S. (2024). Analisis kesesuaian SKL, KI, KD, dan indikator kurikulum PAI. Al-Ihda’, 19(2), 1448–1459. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i2.138
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Khalilurrahman, Jasiah Jasiah, Abdul Azis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal
















