Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2020-08-13. Baca versi terbaru.

Peningkatan Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Di Tk Muslimat NU 10 Tarbiyatul Masyithoh Kebumen Tahun Pelajaran 2019-2020

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v2i01.17

Abstrak

Bentuk penelitiannya merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas B1 TK Muslimat NU 10 Tarbiyatul Masyithoh Kebumen tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 15 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode bernyanyi yang ada di TK Muslimat NU 10 Tarbiyatul Masyithoh Kebumen telah dapat dilaksanakan dengan baik dan efektif, hal ini dapat diketahui dengan adanya perubahan-perubahan pada aspek perkembangan memahami bahasa, mengungkapkan bahasa, serta keaksaraan dan bicara anak menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dengan penggunaan metode bernyanyi dapat meningkatkan perkembangan bahasa dan bicara anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 10 Tarbiyatul Masyithoh Desa Bandung Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: Metode bernyanyi, bahasa dan bicara.

Diterbitkan

2020-08-13 — Diperbaharui pada 2020-08-13

Versi

Cara Mengutip

Peningkatan Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Di Tk Muslimat NU 10 Tarbiyatul Masyithoh Kebumen Tahun Pelajaran 2019-2020. (2020). JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(01). https://doi.org/10.53863/kst.v2i01.17

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.