Upaya Meningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak PGRI Kajoran Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen

Authors

  • Ujud Supriaji Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ma'rif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Waiyah Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ma'rif Nahdlatul Ulama Kebumen

Keywords:

Upaya Meningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak PGRI Kajoran Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen, Berhitung, Bermain dengan balok angka, Arithmetic, Play with numbers blocks

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berhitung menggunakan media balok angka di TK PGRI Kajoran kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2019/2020 sangat membantu pelajaran anak, sebelum menggunakan balok angka proses belajar sangat mengalami kesulitan dan anak menjadi tidak bisa terkondisikan dalam pembelajaran berhitung setelah menggunakan balok angka anka lebih tanggap untuk belajar berhitung dan anak lebih bisa terkondisikan. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung menggunakan balok angka di TK PGRI Kajoran Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang bergabung dalam kelompok B2 berjumlah 16 anak. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes atau lembar kerja anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berhitung di TK PGRI Kajoran hasil penelitian tindakan kelas menunjukan rata-rata kemunculan daya tangkap berhitung anak meningkat dari pra siklus I dan siklus II. Hasil sebelum tindakan pra siklus hanya mencapai 12,5% sedangkan hasil dari pelaksanaan pembelajaran siklus I menunjukan rata-rata kemunculan kemampuan berhitung meningkat menjadi 56,25% hasil masih dibawah standar yang diharapkan, kemudian dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebagai langkah untuk memperbaiki pembelajaran pada siklus II rata-rata kemunculan kemampuan berhitung siswa pada siklus II dari 16 anak mencapai 93,75% hasil ini sudah mencakup target yang diharapkan dengan kriteria baik. Dari penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus diperoleh kesimpulan bahwa dengan metode berhitung dengan balok angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung dengan baik. Penulis berharap agar metode ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh lembaga-lembaga pendidikan dan bermanfaat dalam usaha meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Kata Kunci : Berhitung, Bermain dengan balok angka

References

Andari, A. 2008. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Taman Kanak-kanak Melalui Permanfaatan Media Balok Cuisenaire.

Adi, Waluyo.2009.Implementasi Pembelajaran Terpadu Pada Anak Usia Dini Vol. 5. http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/51097690_0216-799.Pdf [diakses 18-05-2017].

Anwar dan Ahmad, Arsyad. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Panduan Praktis Bagi Ibu dan Calon Guru. Bandung: Alfabeta. Aulady, Amany. 2011. Kecerdasan Logika http://amanyaulady.wordpress.com/2011/12/30/2-kecerdasan-logika-matematika/. [20-05-2017].

Anggraeni, Reni Siti Rachmi.2011. Pengaruh Media Manipulatif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Pelita Leles. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi/edu/operator/upload/s_pgpaud_06064610_chapter4.pdf [20-05-2017].

Carol Seefeld, Barbara A. WaSik.. 2008.Pendidikan Anak Usia Dini.PT INDEKS.

Diana Mutiah.2010. Psikologi Anak Usia Dini.Fajar Interpratama Offset.

Danar Santi,S.Psi.2009.Pendidikan Anak Usia Dini. PT INDEKS Anggota IKAPI.

Diana.2011.Pemanfaatan ICt Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Anak Usia ini. http://journal.unnes.ac.id/index.php/edukasi/article/viewFile/963/900.

Dali S.Naga.1980. Sejarah dan Pengembangannya. PT GRAMEDIA Anggota IKAPI, Jakarta 1980.

Kementerian Pendidikan Nasional tentang Pengembangan Alat Permainan Edukatif. 2010. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Kartono, Kartini.1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.

Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir IAIN Salatiga Tahun 2008.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumarsi, 2014 : Upaya mengembangkan Kemampuaan Matematika Anak Melalui Permainan Ikan Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 3 Jameyan Kec. Sambirejo. Sragen Tahun Ajaran 2014/2015, UMS Surakarta.

Additional Files

Published

2019-03-15

How to Cite

Supriaji, U., & Waliyah. (2019). Upaya Meningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak PGRI Kajoran Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, (00), 143–158. Retrieved from https://jurnal.umnu.ac.id/index.php/kst/article/view/92

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.