Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Pendekatan Realistik Matematik Education (RME) Pada Anak Usia 5-6 Tahundi Tk Pertiwi 14.11.3 Sadangwetan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen

Penulis

  • Ujud Supriaji Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Maarif Nahdlatul Ulama Kebumen";}
  • Soliyah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Maarif Nahdlatul Ulama Kebumen";}

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v3i01.100

Kata Kunci:

Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Pendekatan Realistik Matematik Education (RME) Pada Anak Usia 5-6 Tahundi Tk Pertiwi 14.11.3 Sadangwetan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen, Pendekatan Realistic Matematik Education (RME), Mengenal angka, anak usia 5-6 tahun

Abstrak

Penelitian tindak kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui : Untuk meningkatan kemampuan mengenal angkamelalui pendekatan realistik matematik education (RME) pada anak usia 5-6 tahun Di TK Pertiwi 14.11.3 Sadangwetan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui tiga alur, yaitu perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan, observasi dan dokumentasi.  hasil penelitian dan pembahasan yang dikemukakan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal angka anak usia 5-6 tahun TK 14.11.3 Sadangweatan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen dapat meningkat melalui pendekatan realistic matematik education (RME) kemampuan mengenal huruf pada anak didik usia 5-6 tahun dapat dilihat dari hasil observasi yang diperoleh pada setiap siklus yang mengalami peningkatan. Dari hasil observasi menunjukkan pada pra siklus menunjukkan ketuntasan belajar dengan kriteria baik dari 25  anak didik hanya 6 (24%) anak didik dengan kreteria baik, sebanyak 12 (48%) dengan kriteria cukup, sedangkan 7 (28%) anak didik dengan kriteria kurang. Siklus I menunjukkan ketuntasan belajar dengan kriteria baik dari 25 anak didik sebanyak 10  (40%) anak didik dengan katagori baik , sebanyak 12 (48%) dengan kriteria cukup, sedangkan 3 (612%) anak didik dengan kriteria kurang. Sedangkan Siklus II menunjukkan ketuntasan belajar dengan kriteria baik dari 25 anak didik sebanyak  21 (84%) anak didik dengan katagori baik, sebanyak 4 (16%) dengan kriteria cukup, sedangkan 0 (0%) anak didik dengan kriteria kurang.  

 

Kata Kunci : Pendekatan Realistic Matematik Education (RME), Mengenal angka, anak usia 5-6 tahun

Referensi

Abdurrahman, Mulyono, (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Asrori, Mohammad. (2009). Penelitan Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Fathani Abdul Halim (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Hadi, Sutarto (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Handayani, Harti (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Menghitung Bilangan 1-20 Melalui Media Gambar Anak TK PGRI Purwonegoro Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, (Skripsi: IAIN Purwokerto.

Krisdani. (2013). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Manjung Kabupaten Klaten “, Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan UNY Yogyakarta.

Kusmaryono, Imam. (2008). Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Semarang : Unissula Pres.

M. Ngalim Purwanto. (1994). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahmud, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Marzuki. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Prasetia Widya Pratama.

Muhyidin, dkk. (2014). Ensiklopedia Pendidikan Anak Usia Dini 6 Asesmen Perkembangan Anak. Yogyakarta: Insan Madani.

Sagala, Syaiful (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV Alfabeta.

Santrock John W. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sefrina, Andin. (2013). Deteksi Minat Bakat Anak, Jakarta: Media Pressindo.

Sugiono. (2009). Pendekatan Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabet.

Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syaodih Sukmadinata, Nana (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Wardhani Igak dan Kuswaya Wihardit. (2011). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu

File Tambahan

Diterbitkan

2021-06-02

Cara Mengutip

Supriaji, U., & Soliyah. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Pendekatan Realistik Matematik Education (RME) Pada Anak Usia 5-6 Tahundi Tk Pertiwi 14.11.3 Sadangwetan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 3(01), 01–12. https://doi.org/10.53863/kst.v3i01.100

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.