Penggunaan Media Kartu Berwarna untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Bahasa Indonesia tentang Pantun bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Wonorejo Kecamatan Karanganyar kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran

Authors

  • Waluyatiningsih SD Negeri Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Abstract

Penulis memilih penelitian ini karena dilatarbelakangi permasalahan yang terjadi di dalam kelas antara lain; 1] Apakah penggunaan metode Kooperatif dapat membantu atau mempermudah siswa dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia  ,Tentang Berbalas Pantun . 2] Apakah metode Kooperatif dapat berdampak pada peningkatan hasil belajar belajar siswa SDN I Wonorejo Kelas IV tentang melakukan Berbalas Pantun. 3] Apakah penggunaan metode kooperatif dapat berdampak pada kesungguhan belajar siswa kelas IV SDN I Wonorejo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia  tentang melakukan Berbalas Pantun  dengan media Kartu warna dan penyampaian Pantun diiringi  sumber bunyi ,agar siswa bersemangat dan bergembira.

Secara umum peneliti ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia tentang berbalas pantun .,dengan metode Kooperatif. Adapun khusus tujuan peneliti ini untuk memperoleh informasi tentang; 1) Analisis dampak penggunaan metode Kooperatif dalam membantu atau mempermudah siswa dalam melakukan pembelajaran  Bahasa Indonesia tentang Pantun tepatnya berbalas Pantun., 2) Analisis dampak dari penggunaan metode Kooperatif terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa kelas IV SDN I Wonorejo, 3) Analisis dalam kesungguhan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang Berbalas Pantun dan penyampaian diiringi sumber bunyi agar serius dan gembira.Bagi siswa SDN I Wonorejo THAjaran 2017/ 2018..

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan melalui 4 tahap yaitu; Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), Observasi (observing) dan Refleksi (reflecting) yang dilaksanakan pada setiap siklus ke-I dan siklus ke-II terhadap siswa kelas IV SDN I Wonorejo, Kecamatan Karangganyar, Kabupaten Kebumen Semester  II Tahun Pelajaran 2017/2018. Sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data Kuantitatif atau tes formatif serta data Kualitatif atau pendapat berupa angket dan pengamatan observasi. Dalam penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa penggunaan metode Kooperatif pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang  Pantun ,yaitu berbalas Pantun ,i dapat membantu atau mempermudah siswa dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Pantuni. Hal itu terbukti pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rata-rata  73,75 yang mana 50% siswa tuntas sedangkan pada siklus ke II  nilai rata-rata nya 83,75 atau 100 % tuntas.

Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Pantun  Media  Kartu Warna diiringi ,Musik sederhana atau sumber bunyi.

References

Daftar Pustaka

Amin Mustoha,Dkk. 2008. Senang Bahasa Indonesia Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Pembukuan Depdiknas

Anonim, 2003. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Kloang Klede Putra Timur.

Kasihani Kasbolah, 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arikunto,s,Sukarjono PSupriyadi 2006. Penelitian Jakarta pusat.;Bumi aksara.

Duhar.R.W.1990,Kontruktivismedalam pendidikan Bahasa Indonesia .Makalah pada komunikasi intregasi fertikalpendidikan sain di Cisarua bogpr.

Dekdiknas 2003 .Kegiatan belajar mengajaryang evektif Jakarta.;Departemen pendidikan nasional.Gatot museto 2004 Wwasan pendidikan masa depan,Jkarta bintang ilmu.

Mills,G,E 2000action researtColombos sains

Moleong, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muhibin Syah, 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Terbaru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyani Sumantri dan Johar Permana, 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.

Nana Sujana, 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sri Yono.1992. Teknik Belajar Mengajar dalam Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta: Runeka Cipta.

Suharsimi Arikunto, 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyudi, 2000. Pendidikan IPA 1 Klas IV . Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Winkel,W.S. 1998. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia

Additional Files

Published

2020-12-30

How to Cite

Waluyatiningsih. (2020). Penggunaan Media Kartu Berwarna untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Bahasa Indonesia tentang Pantun bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Wonorejo Kecamatan Karanganyar kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(02), 114–123. Retrieved from https://jurnal.umnu.ac.id/index.php/kst/article/view/114