Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Al Hikmah Kalijaya Alian, Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v2i01.20Kata Kunci:
Pendidikan, Anak Usia Dini, Motorik, Motorik HalusAbstrak
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 17 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan kertas. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian dapat diketahui dari pengamatan perkembangan motorik halus pada setiap siklus yaitu kondisi pra siklus sebesar 21,57% atau 4 anak, pada siklus I sebesar 37,25% atau 6 anak dengan peningkatan 15,68% dan pada siklus II sebesar 84,31% atau 14 anak dengan peningkatan 47,07%, sehingga persentase peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam anak melebihi indikator keberhasilan yaitu 81%. Sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada siklus II.
Kata Kunci : Menganyam, Kertas, Motorik Halus
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Habib Hambali,Rodiyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal