Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Al Hikmah Kalijaya Alian, Kebumen

Penulis

  • Habib Hambali Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Rodiyah Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v2i01.20

Kata Kunci:

Pendidikan, Anak Usia Dini, Motorik, Motorik Halus

Abstrak

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 17 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan kertas. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian dapat diketahui dari pengamatan perkembangan motorik halus pada setiap siklus yaitu kondisi pra siklus sebesar 21,57% atau 4 anak, pada siklus I sebesar 37,25% atau 6 anak dengan peningkatan 15,68% dan pada siklus II sebesar 84,31% atau 14 anak dengan peningkatan 47,07%, sehingga persentase peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam anak melebihi indikator keberhasilan yaitu 81%. Sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada siklus II.
Kata Kunci : Menganyam, Kertas, Motorik Halus

File Tambahan

Diterbitkan

2020-07-30

Cara Mengutip

Habib Hambali, & Rodiyah. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Al Hikmah Kalijaya Alian, Kebumen. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(01), 19–26. https://doi.org/10.53863/kst.v2i01.20

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.