Media Digital dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Antara Inovasi Pedagogis dan Tantangan Etis
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i02.1773Kata Kunci:
media digital, pendidikan anak usia dini, etika digital, literasi digital guru, pembelajaran berbasis bermainAbstrak
Perkembangan media digital dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) menghadirkan peluang pedagogis sekaligus tantangan etis yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji model media digital yang menyeimbangkan antara inovasi pembelajaran dan perlindungan hak anak, dengan fokus pada integrasi literasi digital guru dan desain aplikasi ramah anak. Penelitian menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain konvergen paralel, melibatkan 12 guru dan 60 siswa dari tiga PAUD di Kabupaten Jember, serta 9 orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi, dan analisis dokumentasi pembelajaran, lalu dianalisis dengan teknik tematik dan statistik deskriptif menggunakan perangkat lunak NVivo 14 dan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital di PAUD masih cenderung pasif dan minim pertimbangan etis, sementara guru dan orang tua memiliki kebutuhan tinggi terhadap media yang edukatif dan aman. Intervensi berupa modul pelatihan literasi digital etis dan prototipe aplikasi pembelajaran berbasis bermain berhasil meningkatkan kesadaran etika guru dan keterlibatan aktif anak dalam pembelajaran. Penyesuaian produk dilakukan berdasarkan evaluasi lapangan agar sesuai dengan konteks lokal dan karakteristik pengguna. Penelitian ini memberikan kontribusi konseptual dalam bentuk model pedagogi digital berbasis etika dan rekomendasi praktis untuk pengembangan kebijakan, aplikasi, serta pelatihan guru dan orang tua dalam mewujudkan ekosistem pendidikan digital yang aman, inklusif, dan bermakna bagi anak usia dini
Referensi
Adams, M., Lopes, R., & Ta, V. T. (2023). Ethical AI frameworks for children. AI, Brain and Child. https://doi.org/10.1007/s44436-025-00003-5
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2021). Designing and conducting mixed methods research (4th ed.). SAGE Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/designing-and-conducting-mixed-methods-research/book262842
Digital Self Determination. (2025). https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_self-determination
Early Childhood Digital Pedagogy. (2024). Early Childhood Education Journal.
Fetters, M. D., Curry, L. A., & Creswell, J. W. (2013). Achieving integration in mixed methods designs—principles and practices. Health Services Research, 48(6pt2), 2134–2156. https://doi.org/10.1111/1475-6773.12117
Fu, X., & Weng, Z. (2024). Data privacy in AI ECE BT - Innovating responsibly. https://doi.org/10.1007/s44436-025-00003-5
Ito, M. (2013). Hanging Out, Messing Around, and Geeking Out. MIT Press.
Laili, N., & Ritonga, R. S. (2022). Urgensi media digital di PAUD. PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(3), 577–586. https://doi.org/10.31604/ptk.v6i3.577-586
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/qualitative-data-analysis/book246128
Munir, M. M., Alwan, M. A., Husairi, H., Lisnawati, L., Nita, N. S. H., Hayaturrayan, H., & Sholehah, H. S. (2022). Peningkatan Pemahaman Literasi Anak Dan Remaja Di Desa Sukarema Kecamatan Lenek. EMPOWERMENT: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.51700/empowerment.v2i2.381
Mutiarasari, A., & Rachmawati, Y. (2025). Strategi dan Tantangan Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak Usia Dini di Era Digital. January. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6463
Nurchaili, S., & Mulyana, A. (2021). Etika penggunaan media digital pada anak usia dini. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 295–308. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39114
Nurhayati, S., Noor, A. H., Musa, S., Jabar, R., & Abdu, W. J. (2022). A Digital Literacy Workshop Training Model for Child Parenting in a Fourth Industrial Era. HighTech and Innovation Journal, 3(3), 297–305. https://doi.org/10.28991/HIJ-2022-03-03-05
Paradigms, P., Issues, E., & Implications, S. (2025). Artificial Intelligence in Early Childhood STEM Education : A Review of Artificial Intelligence in Early Childhood STEM Education : A Review of Pedagogical Paradigms , Ethical Issues , and Socio-Political Implications. March. https://doi.org/10.55549/jeseh.800
Pawitri, A. (2022). Pemanfaatan media digital aman. Jurnal Kolaboratif Sains.
Polit, D. F., & Beck, C. T. (2021). Nursing research: Generating and assessing evidence for nursing practice (11th ed.). Wolters Kluwer. https://shop.lww.com/Nursing-Research/p/9781975110642
Saldaña, J. (2021). The coding manual for qualitative researchers (4th ed.). SAGE Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/the-coding-manual-for-qualitative-researchers/book243616
Sitanggang, A., Mairianta, B., Syarefi, F. A., G., G., Duha, Y. C. S., & Rambe, L. A. (2023). Dampak media digital terhadap kemampuan berbahasa Indonesia anak usia dini. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. https://doi.org/10.5281/zenodo.14923530
Sugianto, S. (2022). Tantangan pendidikan karakter di era digital. ASPIRASI.
Waruwu, M., Utami, P. R., & Yanti, E. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 45–60. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/3057
Yuniarti, P., Wianti, W., & Rini, R. S. (2023). Metode penelitian sosial. Google Books. https://books.google.com/books?id=cW7KEAAAQBAJ
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Irmawati Irmawati, Erick Herdiansyah, Faizal Arimbawan, Endra Priawasana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal
















