Pengembangan Manajemen Pendidikan Berbasis ICT (Information and Communication Technologies) Di MTs Plus Nurul Falah Jabres Sruweng
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.968Kata Kunci:
education Management, Administrattion, ADDIE, ICTAbstrak
Pemanfaatan teknologi yang kurang diterapkan dalam administrasi pembelajaran mengakibatkan kurang maksimal dalam segi efisiensi waktu dan pencarian file. Sering terjadi kendala ketika akan awal semester, akhir semester dan proses akreditasi terkait pengarsipan. Tujuan dalam penelitian ini adalah melakukan pengembangan pengembangan manajemen pendidikan berbasis ICT agar tercapai tujuan dari pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi berbasis ICT. Metode yang digunakan adalah penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation & Evaluation) pada penggembangan manajemen Pendidikan di MTs Plus Nurul Falah Jabres. Penelitian ini menghasilkan data di proses evaluation dengan skor 67,19 % dengan kategori baik. Kemudian oleh peneliti melakukan perbaikan sesuai saran validator kemudian dilakukan evaluasi lagi mendapatkan presentase 85 % dengan kategori sangat baik.
Referensi
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang. JTEV, 5(2), 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index
Fadjeri, A., Nurchayati, A. D., Maarif, U., & Ulama, N. (2022). Pengujian validitas pada pengembangan media pembelajaran berbasis ICT. 26–33.
Fadjeri, A., Studi, P., Matematika, P., & Purworejo, U. M. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT ( INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES ) PADA MATA PELAJARAN. 103–108.
Hermawan, H. A., & Fadjeri, A. (2022). Sistem Peminjaman Alat Praktikum Lab Multimedia Berbasis Website. Jurnal Riset Teknologi Indformasi Dan Komputer (JURISTIK) Vol. 2, No. 1, Juni 2022, 2(1), 24–30. https://doi.org/10.53863/juristik.v2i1.502
Noer, E. S., & Reski, I. (2021). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Rakhmawati, N. I. S., Mardliyah, S., Fitri, R., Darni, D., & Laksono, K. (2021). Pengembangan Learning Management System (LMS) di Era Pandemi Covid-19 pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 107–118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.991
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Saihu, S. (2019). Implementasi Manajemen Balanced Scorecard Di Pondok Pesantren Jam’Iyyah Islamiyyah Tangerang Selatan. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 3(1), 1–22. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i1.30
Sunarni, S., Adha, M. A., Kusvitaningrum, A. B., Agustina, D. N., Andriani, D., Pratiwi, F. D., & Safianti, R. (2020). Pengarsipan Digital Sebagai Wujud Optimalisasi Manajemen Audit Persuratan di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 159–167. https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.34471
????????, ?. (2023). “??? ?? ????????” ? ??? ????? 1 ? ?????????? ?? ????, ???? - ? ????? 2, ??-?? - ? ????? 12. 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Taufik Hidayat,Akhmad Fadjeri,Anisa Dwi Nurchayati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal