Efektivitas Model Pembelajaran Integratif untuk Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah di MI Ma’arif Trikarso Kabupaten Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1519Kata Kunci:
Pembelajaran integratif, literasi, numerasi, manajemen pembelajaran, madrasah ibtidaiyah.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran integratif dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Trikarso, Kabupaten Kebumen. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui wawancara dengan kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, dan siswa, serta observasi dan dokumentasi. Proses pembelajaran dilakukan berdasarkan empat tahapan manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Hasil penelitian memiliki bbeerapa tahap. Pada tahap perencanaan, pendekatan secara penuh diterapkan dengan mengidentifikasi tema relevan yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran, menggunakan materi pembelajaran berbasis konteks lokal, dan merancang proyek lintas bidang studi. Tahap pengorganisasian melibatkan pembentukan tim pengajar lintas mata pelajaran dan penyediaan sumber daya pendukung seperti modul dan alat evaluasi integratif. Selama tahap pelaksanaan, metode berbasis proyek diterapkan, mendorong siswa untuk berdiskusi, mengeksplorasi informasi, dan mengaitkan konsep dari berbagai pelajaran. Tahap pengawasan dilakukan melalui pemantauan kelas, evaluasi hasil belajar dengan instrumen integratif, serta refleksi untuk memperbaiki strategi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran integratif efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Namun, penelitian ini masih terbatas pada aspek efektivitas integrasi pembelajaran tanpa mengeksplorasi hubungan antara kolaborasi dan motivasi antara guru dan siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengeksplorasi aspek tersebut untuk mendukung keberhasilan pembelajaran secara lebih menyeluruh
Referensi
Abinnashih, I., & Nurfuadi, N. (2023). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 543–549. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4451
Abu Arqub, S., Azami, N., & Al-Moghrabi, D. (2023). The evolution of maxillary protraction techniques in the early management of Class III malocclusion. Seminars in Orthodontics, 29(2), 194–203. https://doi.org/10.1053/j.sodo.2023.05.004
Afif, M., Mariyanti, T., Septiani, N., & Dolan, E. (2023). Factor Affecting Employee Motivation to Increase Performance of Sharia Bank in Indonesia on Islamic Perspective. APTISI Transactions on Management, 7(2), 128–136. https://doi.org/10.33050/atm.v7i2.1860
Afriza. (2019). Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi Publishing and Consulting Company.
Aguss, R., Ameraldo, F., Reynaldi, R., & ... (2022). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Manajemen Olahraga SMAN 1 RAJABASA LAMPUNG SELATAN. Journal of Social …, (Query date: 2024-05-26 02:26:08). Diambil dari https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/2182
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Apipatunnisa, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2022). Eksplorasi Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dengan Pemodelan Rasch. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(4), 668–680. https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.11511
Ariyanti, N., & Prasetyo, M. A. M. (2021). Evaluasi Manajemen Hubungan Masyarakat dan Sekolah (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), 103–126. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i2.133
Astuti, Y., & Samsuri, S. (2023). Implementasi Nilai Islam dalam Syair Kesenian Rapa’i Geleng Menggunakan Model VCT. Jurnal Basicedu, 7(6), 4184–4192. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6624
Daeng, N. S. (2024). Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. QAZI: Journal of Islamic Studies, 1(1), 23–29.
Devi, N. K. L. (2024). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Numerasi dengan Metode Matematika Gasing Yang di Kaitkan dengan Permainan Tradisional pada Siswa Kelas 4 SD N 1 Demulih. Pentagon: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(4), 78–94. https://doi.org/10.62383/pentagon.v2i4.289
Febrita, I., & Harni, H. (2020). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1425–1436. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.608
Gafar, A. G. H., & Haryati, T. (2022). Pembelajaran Tematik Integratif pada Mata Pelajaran IPS dalam Kurikulum 2013 di SDN Teke Kecamatan Palibelo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(3), 202–210. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i3.176
Mubarok, Z., & Romelah, R. (2024). Model Integratif Pembelajaran Tafsir Tematik QS. Al-Hasyr: 2-5 dengan Kondisi Sosial-Ekonomi Masyarakat di Ma’had Baitul Qur’an Malang. TADHKIRAH: Jurnal Terapan Hukum Islam Dan Kajian Filsafat Syariah, 1(4), 01–17. https://doi.org/10.59841/tadhkirah.v1i4.29
Nisa, K., Utami, L., Viyana, G., Astria, M., Purba, N. F., & Handayani, W. (2024). Peningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa UPT. SD Negeri 03 Perkebunan Sipare-Pare Melalui Kegiatan Edu-Fun Day. Azam Insan Cendikia, 3(2), 175–182. https://doi.org/10.62833/pkm.v3i2.125
Rindiantika, Y., Istiarsono, Z., & Mardhiyyah, P. A. (2024). Metode Pembelajaran Aktif dan Berbasis Masalah: Kajian Teori. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 60–72.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suningsih, S., Putri, L. A., Putri, R. M., & Sembiring, S. I. O. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris melalui Test of English as a Foreign Language (TOEFL) Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 143–149. https://doi.org/10.35912/yumary.v2i3.1032
Yuda, E. K., & Rosmilawati, I. (2024). Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Indikator PISA 2023; Systematic Literatur Review. Journal of Instructional and Development Researches, 4(3), 172–191. https://doi.org/10.53621/jider.v4i3.326
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Faiz Barohinul Umam, Fina Raudlatul Jannah, Taufik Hidayat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal