Peran Pendidik PAUD dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Era Teknologi Digital

Penulis

  • Sukma Erita Universitas Kutai Kartanegara, Tenggarong, Indonesia
  • Witalia Witalia Universitas Kutai Kartanegara, Tenggarong, Indonesia
  • Tifa Ramadanti Universitas Kutai Kartanegara, Tenggarong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1514

Kata Kunci:

Peran pendidik PAUD, pembentukan karakter anak, anak usia dini, teknologi dalam pendidikan, pengaruh teknologi digital

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidik dalam pembentukan karakter anak usia dini di era teknologi digital di Kota Tenggarong. Pendekatan dilakukan dengan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap pendidik PAUD yang berperan dalam pembentukan karakter anak usia dini di era teknologi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi digital yang diarahkan secara positif untuk mendukung pembentukan karakter anak. Sementara itu, pendidik PAUD juga memiliki tanggung jawab terhadap pembentukan karakter anak usia dini diantaranya menjadi model teladan, memberikan pengawasan dan bimbingan, serta mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran. Selain itu, terdapat beberapa jenis pembentukan karakter pada anak usia dini, diantaranya karakter religius, disiplin dan tanggung jawab, sosial dan kepedulian, kemandirian dan kreativitas, serta etika digital. Kolaborasi dengan orang tua juga menjadi elemen penting dalam membentuk karakter anak usia dini. Dengan demikian, artikel ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi peran yang dapat dilakukan untuk membangun karakter anak melalui pemanfaatan teknologi digital. Sejalan dengan perkembangan teknologi, selain tantangan, juga terdapat peluang antara lain membangun lingkungan belajar yang mendukung dengan memanfaatkan teknologi secara kreatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidik memiliki peran kunci dalam membentuk karakter anak usia dini, terutama dalam menghadapi tantangan era teknologi digital. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan integrasi nilai karakter dalam pendidikan sebagai langkah strategis untuk memastikan anak-anak berkembang dengan baik secara moral, etika, dan sosial

Referensi

Dyna Herlina, S., Setiawan, B., & Adikara, G. J. (n.d.). Digital Parenting. Mendidik Anak Di Era Digital.

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324

Imanina, K. (2020). Penggunaan Metode Kualitatif Dengan Pendekatan Deskriptif Analitis Dalam Paud. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(229), 45–48. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3728

Rantauwati, H. S. (2020). Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Melalui Kubungortu Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sd. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1), 116–130. https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i1.30951

Ruchiyat, M. G., Kurniawan, M., Triyaningsih, T., Marwan, M., & Prihatmojo, A. (2024). Strategi Menumbuhkan Karakter Anak Melalui Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 37–47.

Setiardi, D., & Mubarok, H. (2017). Keluarga sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2).

Universitas, P., Negeri, I., & Palu, D. (2023). PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA. 0, 323–328.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-10

Cara Mengutip

Erita, S., Witalia, W., & Ramadanti, T. (2025). Peran Pendidik PAUD dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Era Teknologi Digital. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 7(01), 90–98. https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1514

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.