Studi Tentang Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Se-Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020

Penulis

  • Wisnu Guntur Sutopo Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Mohamad Saifudin Zuhri Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v2i02.124

Kata Kunci:

Studi Tentang Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Se-Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan sarana prasarana dan hasil belajar pendidikan jasmani siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif dengan metode survei. Populasi dari penelitian ini adalah SMP se- Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen yang berjumlah 4 sekolah. Dari masing-masing sekolah, peneliti hanya mengambil sampel sebanyak 10%. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling.  Berdasarkan penelitian mengenai survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa SMP se-Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen disimpulkan bahwa rata-rata sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran pendidikan jasmani di SMP se-kecamatan Adimulyo yaitu di SMP N 1 Adimulyo 61% dan di SMP N 2 Adimulyo 64%  kategori ideal untuk mendukung proses pembelajaran pendidikan jasmani sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Sedangkan di SMP Bhakti Praja 23 % kategori kurang ideal dan di SMP IT Global Nurul Istiqomah 15 % kategori sangat kurang ideal untuk mendukung proses pembelajaran pendidikan jasmani sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Hasil belajar pendidikan jasmani dengan melihat nilai rapor siswa di SMP N 1 Adimulyo dan di SMP N 2 Adimulyo memiliki nilai rapor yang baik. Hal ini dibuktikan dari pengumpulan data tentang hasil belajar pendidikan jasmani siswa yang masuk dalam kategori baik dengan masing-masing mempunyai prosentase sebesar 79% dan 51%. Sedangkan nilai rapor siswa di SMP Bhakti Praja dan SMP IT Global Nurul Istiqomah memiliki nilai rapor yang cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan dari pengumpulan data tentang hasil belajar pendidikan jasmani siswa yang masuk dalam kategori cukup baik dengan masing-masing mempunyai prosentase sebesar 100% dan 93%. Sarana dan prasarana sangat berpengaruh  terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa di SMP se-kecamatan Adimulyo, kabupaten Kebumen.

Kata Kunci : sarana dan prasarana, pendidikan jasmani, hasil belajar siswa, SMP

Referensi

Littlejohn, S. W. (2002). Theories of Human Communication (7th ed.) California: Wadsworth.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Dini Rosdiani (2013). Dinamika Olahraga dan Pengembangan Nilai. Bandung: CV Alfabeta.

Gusti Anto B. 2019. Survei Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Penjas MAN 1 Sinjai Utara. FIK UNM

H.J.S. Husdarta. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Pusat Bahasa, Departemen pendidikan Nasional (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Muhammad Taufiq. 2018. Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMAN 16 Makassar. FIK UNM

Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Permendiknas. 2007. Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MAN. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pres.

Rustiyana. 2009. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas X SMA Ibu Kartini Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009. FE UNNES

Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penenlitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyu Agus Mahardika. 2009. Studi Keadaan Sarana dan Prasarana Penunjang Aktifitas Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun 2019. FKIP UNS

Tim Direktorat Pembinaan SMP. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

File Tambahan

Diterbitkan

2020-12-30

Cara Mengutip

Wisnu Guntur Sutopo, & Mohamad Saifudin Zuhri. (2020). Studi Tentang Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Se-Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(02), 149–157. https://doi.org/10.53863/kst.v2i02.124

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.