Efektivitas Learning Management System Terhadap Pelayanan Administrasi Pembelajaran di MTs Plus Nurul Falah Jabres

Penulis

  • Anisa Dwi Nurchayati UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto, Indonesia
  • Yosi Intan Pandini Gunawan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.934

Kata Kunci:

Administration, Learning Management System, Management, ADDIE Model.

Abstrak

Di Indonesia banyak sekolah yang sistem administrasinya pembelajaran guru masih menggunakan sistem manual khususnya di MTs Plus Nurul Falah Jabres Kebumen sehingga alternatif solusi untuk sistem administrasi tersebut dengan penggunaan Learning Management Sytem untuk pelayanan administrasi pembelajaran guru yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja dengan sistem online. Metode yang digunakan untuk pengembangan Learning Management System menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tujuan penelitian ini untuk memudahkan pelayanan administrasi serta mengurangi kendala-kendala dalam pelaksanaan administrasi. Hasil analisis dari penelitian ini menghasilkan keefektifan LMS berdasarkan pada validasi, respon dan kepraktisan dengan kategori “Baik” serta dapat disimpulkan bahwa hasil validasi memperoleh skor 67,19% kategori “Baik”, respon pengguna LMS memperoleh skor 86,71% kategori “Sangat Baik”, dan kepraktisan LMS memperoleh skor 86,40% kategori “Sangat Baik” sehingga LMS pada pelayanan administrasi pembelajaran guru dapat dikatakan efektif.
Kata kunci: Administrasi, Learning Management System, Manajemen, Model ADDIE.

Referensi

Agustini, Ketut, and Jero Gede Ngarti. 2020. “Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4(April 2020):62–78.

Aldiab, Abdulaziz, Harun Chowdhury, Alex Kootsookos, Firoz Alam, and Hamed Allhibi. 2019. “Utilization of Learning Management Systems (LMSs) in Higher Education System: A Case Review for Saudi Arabia.” Energy Procedia 160(2018):731–37. doi: 10.1016/j.egypro.2019.02.186.

Fadjeri, Akhmad, and Anisa Dwi Nurchayati. 2022. “Pengujian Validitas Pada Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT.” Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) 8(1):26–33.

Lita Sari Muchlis, Muharika D. 2018. “MODEL PEMBELAJARAN DIVA Learning Management System.” Cv. Muharika Rumah Ilmiah 10–27.

Mitha Hardiyani, Achmad, Pandhu Pramarta. 2021. “Sistem Informasi Administrasi Kursus Pada Lpia ( Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika ) Cijantung.” Seminar Nasional RIset Dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK) 1122–27.

Noer, Ekafitri Sam, and Idrus Reski. 2021. “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Basicedu 5(3):1683–88.

Pribadi, Benny A. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian rakyat.

Rachmatsyah, Agus Dendi, and Datia Merlini. 2017. “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Surat Berbasis Desktop Pada Kantor Notaris Hoiril Masuli, Sh, M.Kn.” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer) 6(2):130–36. doi: 10.32736/sisfokom.v6i2.259.

Rahmad Syaifudin, and Bagus Wahyu Setyawan. 2022. “Konsep E-System Menggunakan Teknologi Android Di Smartphone Untuk Memudahkan Pengelolaan Administrasi Di Sekolah.” Journal of Education and Learning Sciences 2(1):70–84. doi: 10.56404/jels.v2i1.16.

Rakhmawati, Nur Ika Sari, Sjafiatul Mardliyah, Ruqoyyah Fitri, Darni Darni, and Kisyani Laksono. 2021. “Pengembangan Learning Management System (LMS) Di Era Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):107–18. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.991.

Ryann K. Ellis. 2009. “A Field Guide to Learning Management Systems.” International Anesthesiology Clinics 48(3):27–51.

Setya Raharja. 2010. “Model Pembelajaran Berbasis Lms ( Learning Management System ) Dengan Pengembangan Software Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment ) Di Sman Kota Yogyakarta.” UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. ALFABETA.

Sunarni, Sunarni, Maulana Amirul Adha, Alma Bethris Kusvitaningrum, Della Nadhia Agustina, Dita Andriani, Firda Dwi Pratiwi, and Rosa Safianti. 2020. “Pengarsipan Digital Sebagai Wujud Optimalisasi Manajemen Audit Persuratan Di Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan 2(2):159–67. doi: 10.21831/jump.v2i2.34471.

Warsah, Idi, and Nuzuar Nuzuar. 2018. “Analisis Inovasi Administrasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi MAN Rejang Lebong).” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 16(3):263–74. doi: 10.32729/edukasi.v16i3.488.

Zarkasi, Ahmad. 2019. “Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Penyusunan RPP Berbasis Hots Melalui Workshop Dan Pembimbingan Di Sma Negeri 8 Penajam Paser Utara.” Kompetensi 12(1):86–96. doi: 10.36277/kompetensi.v12i1.20.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-01

Cara Mengutip

Nurchayati, A. D., & Gunawan, Y. I. P. (2023). Efektivitas Learning Management System Terhadap Pelayanan Administrasi Pembelajaran di MTs Plus Nurul Falah Jabres. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(02), 278–294. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.934

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.