Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Sepak Bola Siswa Kelas IV Mi Ma’arif Mangunranan Mirit Kebumen Tahun 2020

Penulis

  • Ibnu Prasetyo Widiyono Program Studi Pendidikan Olahraga, Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen";}
  • Nurudin Program Studi Pendidikan Olahraga, Universitas Maarif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v3i02.93

Kata Kunci:

Pengaruh Media Audio Visual terhadap Pengetahuan Sepak Bola Siswa Kelas IV MI Ma’arif Mangunranan Mirit Kebumen Tahun 2020, Audio visual, pengetahuan ,sepak bola

Abstrak

Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Sepak Bola Pada Siswa Kelas IV MI Maárif Mangunranan Mirit Kebumen Tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pgeentahuan sepak bola siswa kelas IV MI Maárif Mangunranan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Mangunranan yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes awal (pre-test), perlakuan (treatment), tes akhir (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap pengetahuan sepak bola pada siswa kelas IV MI Ma’arif Mangunranan tahun ajaran 2019/2020. Dengan hasil pada saat post test mempunyai tingkat pengetahuan sepak bola kategori baik. Secara rinci sebanyak 0 siswa (0%) mempunyai kategori kurang sekali, 0 siswa (0%) mempunyai kategori kurang, 5 siswa (20%) mempunyai kategori sedang, 15 siswa (60%) mempunyai kategori baik, dan 5 siswa (20%) mempunyai kategori baik sekali. Frekuensi terbanyak terdapat pada kelas interval 71 – 80 atau dalam kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap pengetahuan sepak bola pada siswa kelas IV MI Ma’arif Mangunranan tahun ajaran 2019/2020.

 

Kata kunci: Audio visual, pengetahuan ,sepak bola

Referensi

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.

Azwar, Saifuddin. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Julfiki. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Menendang Bola SMA Negeri 1 Pemangkat. Diperoleh 5 Mei 2020, dari http://jurnal.untan.ac.id/

Hidayat, Anwar. (2012). Tutorial Uji Normalitas Kolmogorov Smirnov dengan SPSS. Diperoleh 13 Juli 2020, dari https://www.statistikian.com/2012/09/

uji-normalitas-dengan-kolmogorov-smirnov-spss.html

Lestari, YE. (2015). Penerapan Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Multimedia dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Datar Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ambalresmi Tahun Ajaran 2014/2015. Diperoleh 5 Mei 2020, dari http://digilib.uns.ac.id/

Muhadi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media.

Padamu. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Diperoleh 20 Juni 2020, dari https://www.padamu.net/kurikulum-pendidikan-jasmani-olahraga-dan-kesehatan

Pasha, GDN. (2019). Pengembangan Media Video Teknik Dasar Sepak Bola Untuk Usia Dini. Diperoleh 2 Mei 2020, dari http://eprints.uny.ac.id/

Patria, T. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Passing dan Stopping Bola dalam Permainan Sepak Bola Pada Anak U-17 SSB Bimba Woner Pekanbaru. Diperoleh 2 Mei 2020, dari http://repository.uir.ac.id/

Panitia Sertifikasi Guru. (2012). Kelompok Sertifikasi Guru IAIN Semarang. Semarang: Rayon Semarang.

Widodo, P., & Najibuzzamzam, A. . (2021). Perbandingan Model Pembelajaran Daring Dan Tatap Muka Penjaskes Mts Darussa’adah Pada Masa Pandemi Tahun Ajaran 2019/2020. JUMORA: Jurnal Moderasi Olahraga, 1(01), 1-9. https://doi.org/10.53863/mor.v1i01.128

Rohim, A. (2008). Bermain Sepak Bola. Semarang: Aneka Ilmu.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.

Susilana, R. & Riyani, C. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Wiriaatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yoni, A. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan

File Tambahan

Diterbitkan

2021-12-16

Cara Mengutip

Prasetyo Widiyono, I., & Nurudin. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Sepak Bola Siswa Kelas IV Mi Ma’arif Mangunranan Mirit Kebumen Tahun 2020. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 3(02), 126–134. https://doi.org/10.53863/kst.v3i02.93

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.