TPR (Total Physical Response) Untuk Meningkatkan Gerak Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1625Kata Kunci:
Total physical respon, anak usia dini, metode pembelajaran, lokomotor, gerakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan kemampuan gerak lokomotor anak usia 5–6 tahun di taman kanak-kanak. Kemampuan gerak lokomotor merupakan bagian dari perkembangan motorik kasar yang sangat penting untuk mendukung aktivitas fisik anak, seperti berjalan, berlari, melompat, dan meloncat. Namun, hasil observasi awal menunjukkan bahwa sebagian besar anak masih mengalami kesulitan dalam melakukan gerak lokomotor dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang mampu menstimulasi kemampuan motorik secara menyenangkan dan bermakna. Metode TPR dipilih karena menggabungkan perintah verbal dengan respons fisik yang aktif, sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini yang senang belajar melalui gerak dan bermain. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian gerak lokomotor anak berdasarkan enam indikator utama: berjalan lurus, berlari, melompat, meloncat, naik-turun tangga, dan merangkak. Subjek penelitian adalah 20 anak kelompok B (usia 5–6 tahun) di salah satu BA Aisyiyah Rejosari di Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan gerak lokomotor yang signifikan dari siklus ke siklus. Skor rata-rata anak menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata kemampuan gerak lokomotor dari pra tindakan (30,55%), siklus I (76,55%), hingga siklus II (87,78%). Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode TPR efektif dalam menstimulasi gerak dasar anak secara aktif dan menyenangkan. Selain itu, anak juga menunjukkan peningkatan motivasi dan antusiasme selama kegiatan berlangsung. Dengan demikian, metode TPR dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran motorik kasar yang tepat dalam konteks pendidikan anak usia dini.
Referensi
Ahmad, S. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Prenadamedia Group.
Aliriad, H., Da’i, M., & Apriyanto, R. (2023). Strategi Peningkatan Motorik untuk Menstimulus Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Aktivitas Luar Ruangan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), Article 4.
Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Sirkuit Dengan Bola (Penelitian Tindakan di Kelompok A TK Al Muhajirin Malang Jawa Timur, Tahun 2015). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 65–75.
Farida, A. (2016). Urgensi perkembangan motorik kasar pada perkembangan anak usia dini. Jurnal Raudhah, 4(2).
Fitri, A. W., Dimyati, D., & Ayriza, Y. (2024a). Application of Traditional Games to the Fundamental Movement Skills of Children 5-6 Years of Age. International Journal of Disabilities Sports and Health Sciences, 7(6), Article 6. https://doi.org/10.33438/ijdshs.1532819
Fitri, A. W., Dimyati, D., & Ayriza, Y. (2024b). The Locomotor Movement Abilities of Children Aged 5-6 Years in Terms of Geographical Aspects (Coastal and Mountain Areas). International Journal of Disabilities Sports and Health Sciences, 7(5), Article 5. https://doi.org/10.33438/ijdshs.1507608
Gallahue & David L. (2012). Understanding Motor Development. Infants, Children, Adolescents, Adults. Seventh Edition. McGraw Hill.
Jf, N. Z., & Azmi, K. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif Pada Anak Usia Dini. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5312
Jubaedah, E., & Nurfadilah, S. (2022). Penerapan Metode Total Physical Respons (TPR) Melalui Kegiatan Gerak Lagu Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini Kelompok A Di Raudhatul Athfal (RA) Ma’arif Al-Ikhlas. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i1.219
Khadijah, K., Nasution, D. A., Maisarah, M., & Ritonga, A. A. (2022). Pengaruh Permainan Terompah Terhadap Motorik Kasar, Bahasa, dan Sosial-emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4026–4038. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1762
Nuraeni, C. (2019). Promoting Total Physical Response (Tpr) Method On Early Childhood English Language Teaching. Jurnal Penelitian Humaniora, 20(2), Article 2. https://doi.org/10.23917/humaniora.v20i2.7144
Rambe, S. (2019). Total Physical Response. English Education : English Journal for Teaching and Learning, 7(01), Article 01. https://doi.org/10.24952/ee.v7i01.1652
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Warih Anggi Pratiwi; Arip Prehatiningsih

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal
















