Penetrasi Metaverse untuk Meningkatkan Pembelajaran dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1588Kata Kunci:
Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Teknologi PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penetrasi teknologi metaverse dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di dunia pendidikan dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis data sekunder. Penelitian ini dilakukan melalui teknik pengumpulan data dokumentasi terhadap berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, laporan riset, artikel media, dokumen kebijakan pendidikan, serta laporan implementasi metaverse dalam lingkungan pembelajaran. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan fokus pada bagaimana teknologi metaverse telah diterapkan, dampak yang dihasilkan, serta tantangan dan peluang yang muncul dalam proses pembelajaran. Hasil studi menunjukkan bahwa metaverse berpotensi memperkaya pengalaman belajar melalui simulasi interaktif, pembelajaran kolaboratif berbasis avatar, dan penciptaan lingkungan belajar yang imersif. Beberapa institusi pendidikan di berbagai negara telah mengadopsi platform metaverse sebagai media pengajaran, dengan hasil yang menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konseptual siswa. Tantangan seperti akses teknologi, kesiapan tenaga pendidik, dan kebutuhan infrastruktur masih menjadi hambatan signifikan. Penelitian ini memberikan gambaran konseptual dan kontekstual mengenai pentingnya strategi adopsi yang tepat agar pemanfaatan metaverse dalam pendidikan dapat dilakukan secara optimal dan inklusif.
Referensi
Abdurrahmansyah, A., Sugilar, H., Ismail, I., & Warna, D. (2022). Online Learning Phenomenon: From the Perspective of Learning Facilities, Curriculum, and Character of Elementary School Students. Education Sciences, 12(8), 508. https://doi.org/10.3390/educsci12080508
Aprilinda., dkk. (2020). Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika
Endarto, I, A., & Martadi. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaversepada Media Edukasi Interaktif. Jurnal Barik.
Fardani, A, T. (2020). Penggunaan Teknologi Virtual Reality Untuk Sekolah Menengah Pertama Pada Tahun 2010 – 2020. Jurnal E-Tech
Herlim, L, D. (2023). Praktik Metaverse dalam Pendidikan Agama Kristen. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen
Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses pembe.pdf
Manafe, M. W. N. (2022). Adopsi Teknologi Metaverse
Manalu, J. (2021), Implementasi Teknologi Pendidikan Dan Kinerja Dalam Online Learning
Mujiyatun, M., Khodijah, N., & Abdurrahmansyah, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogis dan Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13 (3), 2865-2876. doi: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.721
Oleksy, T., Wnuk, A., & Piskorska, M. (2023). Migration to the metaverse and its predictors: Attachment to virtual places and metaverse-related threat. Computers in Human Behavior, 141(December 2022). https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107642
Park, S. M., & Kim, Y. G. (2022). A metaverse: Taxonomy, components, applications, and open challenges. IEEE access, 10.
Pemberdayaan, P. dan M. K., & Perlindungan, A. dan. (2020). Pandemi Covid-19, Anak-Anak Rentan Jadi Korban Eksploitasi Dan Pornografi Di Ranah DARING. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2743/pandemi-covid-19-anak-anak-rentan-jadi-korban
Salim, B, S., Ivander, F., & Cahyadi, A. (2023). Kesiapan dan Dampak Penggunaan Teknologi Metaverse dalam Pendidikan. KESATRIA: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen)
Setiawan,D. (2022). Analisis Potensi Metaverse pada Dunia Pendidikan di Indonesia. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Siyam, N., Febriana, N, L., Mungfaridah, L, L., & Solikhah, T, R. Peran Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dalam Pendidikan. Di akses pada https://www.academia.edu/113189547/Peran_Teknologi_Augmented_Reality_AR_dan_Virtual_Reality_VR_dalam_Pendidikan
Suparyati, A., Tamrin, A, G., & Cahyono, B, T. (2024). Implementasi Metaverse untuk Optimalisasi Pembelajaran di Era Kurikulum Merdeka. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Sutopo, A. H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar berbasis Metaverse. Topazart
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Reyhan Diki Mustofa, Elsi Abelia, Rangga Apri Sandi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal