Penetrasi Metaverse untuk Meningkatkan Pembelajaran dalam Pendidikan

Penulis

  • Reyhan Diki Mustofa Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia
  • Elsi Abelia Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia
  • Rangga Apri Sandi Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1588

Kata Kunci:

Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Teknologi Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penetrasi teknologi metaverse dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di dunia pendidikan dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis data sekunder. Penelitian ini dilakukan melalui teknik pengumpulan data dokumentasi terhadap berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, laporan riset, artikel media, dokumen kebijakan pendidikan, serta laporan implementasi metaverse dalam lingkungan pembelajaran. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan fokus pada bagaimana teknologi metaverse telah diterapkan, dampak yang dihasilkan, serta tantangan dan peluang yang muncul dalam proses pembelajaran. Hasil studi menunjukkan bahwa metaverse berpotensi memperkaya pengalaman belajar melalui simulasi interaktif, pembelajaran kolaboratif berbasis avatar, dan penciptaan lingkungan belajar yang imersif. Beberapa institusi pendidikan di berbagai negara telah mengadopsi platform metaverse sebagai media pengajaran, dengan hasil yang menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konseptual siswa. Tantangan seperti akses teknologi, kesiapan tenaga pendidik, dan kebutuhan infrastruktur masih menjadi hambatan signifikan. Penelitian ini memberikan gambaran konseptual dan kontekstual mengenai pentingnya strategi adopsi yang tepat agar pemanfaatan metaverse dalam pendidikan dapat dilakukan secara optimal dan inklusif.

Referensi

Abdurrahmansyah, A., Sugilar, H., Ismail, I., & Warna, D. (2022). Online Learning Phenomenon: From the Perspective of Learning Facilities, Curriculum, and Character of Elementary School Students. Education Sciences, 12(8), 508. https://doi.org/10.3390/educsci12080508

Aprilinda., dkk. (2020). Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika

Endarto, I, A., & Martadi. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaversepada Media Edukasi Interaktif. Jurnal Barik.

Fardani, A, T. (2020). Penggunaan Teknologi Virtual Reality Untuk Sekolah Menengah Pertama Pada Tahun 2010 – 2020. Jurnal E-Tech

Herlim, L, D. (2023). Praktik Metaverse dalam Pendidikan Agama Kristen. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen

Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses pembe.pdf

Manafe, M. W. N. (2022). Adopsi Teknologi Metaverse

Manalu, J. (2021), Implementasi Teknologi Pendidikan Dan Kinerja Dalam Online Learning

Mujiyatun, M., Khodijah, N., & Abdurrahmansyah, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogis dan Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13 (3), 2865-2876. doi: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.721

Oleksy, T., Wnuk, A., & Piskorska, M. (2023). Migration to the metaverse and its predictors: Attachment to virtual places and metaverse-related threat. Computers in Human Behavior, 141(December 2022). https://doi.org/10.1016/j.chb.2022.107642

Park, S. M., & Kim, Y. G. (2022). A metaverse: Taxonomy, components, applications, and open challenges. IEEE access, 10.

Pemberdayaan, P. dan M. K., & Perlindungan, A. dan. (2020). Pandemi Covid-19, Anak-Anak Rentan Jadi Korban Eksploitasi Dan Pornografi Di Ranah DARING. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2743/pandemi-covid-19-anak-anak-rentan-jadi-korban

Salim, B, S., Ivander, F., & Cahyadi, A. (2023). Kesiapan dan Dampak Penggunaan Teknologi Metaverse dalam Pendidikan. KESATRIA: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen)

Setiawan,D. (2022). Analisis Potensi Metaverse pada Dunia Pendidikan di Indonesia. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Siyam, N., Febriana, N, L., Mungfaridah, L, L., & Solikhah, T, R. Peran Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dalam Pendidikan. Di akses pada https://www.academia.edu/113189547/Peran_Teknologi_Augmented_Reality_AR_dan_Virtual_Reality_VR_dalam_Pendidikan

Suparyati, A., Tamrin, A, G., & Cahyono, B, T. (2024). Implementasi Metaverse untuk Optimalisasi Pembelajaran di Era Kurikulum Merdeka. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Sutopo, A. H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar berbasis Metaverse. Topazart

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-25

Cara Mengutip

Mustofa, R. D., Abelia, E., & Sandi, R. A. (2025). Penetrasi Metaverse untuk Meningkatkan Pembelajaran dalam Pendidikan. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 7(01), 273–281. https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1588

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.