Analisis Metode Bercerita Berbasis Digital untuk Meningkatkan minat Baca pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1520Kata Kunci:
Metode, bercerita, berbasis digital, meningkatkan minat baca, anak usia diniAbstrak
Metode bercerita berbasis digital mempermudah guru dan orang tua dalam meningkatkan minat baca pada anak usia dini. Maka penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis metode bercerita berbasis digital untuk meningkatkan minat baca pada anak usia dini di Samarinda kota. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data yang dilakukan dengan diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap para guru di TK dan KB serta para orang tua. Dengan penggunaan digital dalam proses kegiatan bercerita kepada anak agar anak tidak merasa bosan dan jenuh. Metode bercerita berbasis digital merupakan kunci bagi guru dan orang tua dalam setiap melakukan kegiatan pembelajaran untuk mempermuadah dalam memberikan pemahaman dan menjadi daya tarik minat membaca anak. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif antara metode bercerita berbasis digital dengan minat baca anak, menjadi guru dan orang tua yang asik dan menyenangkan, mendukung partisipasi belajar anak dalam minat membaca. Namun penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam metode bercerita berbasis digital, seperti guru yang masih belum paham dalam penggunaan teknologi dan minimnya perekonomian orang tua. Guru dan orang tua mengungkapkan bahwa metode bercerita berbasis digital ini dapat membantu dan memberi dukungan yang memadai untuk menjadi daya tarik dalam minat membaca pada anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun metode berceria berbasis digital memiliki potensi dalam meningkatan minat membaca anak, keberhasilannya sangat tergantung pada dukungan dan partisipasi guru dan orang tua ditambah menjadi teman yang asik dan menyenangkan bagi anak usia dini. Penelitian ini dapat menjadi landasan untuk lebih memotivasi, dan merangsang minat membaca anak, serta guru dan orang tua bisa berpartisipasi dalam meningkatkan minat membaca pada anak usia dini
Referensi
Amini, M. (2014) ‘Hakikat Anak Usia Dini’, Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, p. 65.
Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad and Ibrahim Arifin (2023) ‘Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital’, Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, pp. 32–37.
Aspi STAI Rakha Amuntai, M., Selatan, K. and STAI Rakha Amuntai, S. (2022) ‘Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan’, Adiba: Journal of Education, 2(1), pp. 64–73.
Dini, U. (2023) ‘Pembelajaran berbasis ai ( artificial intelligence ) untuk anak usia dini’, 7, pp. 150–155.
Doludea, A. and Nuraeni, L. (2018) ‘Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia’, CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), p. 1.
Fitriah, D. and Mirianda, M.U. (2019) ‘Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri, pp. 148–153.
Hasanah, U. and Deiniatur, M. (2019) ‘Membangun Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini Di Era Digital’, At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 3(01), p. 10.
Ikhtiarani, V. et al. (2024) ‘Stimulasi Melatih Perkembangan Bahasa Anak melalui Metode Bercerita’, Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), pp. 37–42.
Makassar, U.N. and Artikel, I. (2024) ‘Pengembangan Kompetensi Guru PAUD Menciptakan Digital Picture Storybook Digital Berbasis Artificial Intelligence di Kiddos’, 5636(4), pp. 821–829.
Pratiwi, E. (2019) ‘Efektifitas metode bercerita dengan media berbasis digital pada anak usia dini di era industri 4.0’, Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali, pp. 629–636.
Ratnaningtyas, E. M., Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Aminy, M. H., Saputra, N., & Jahja, A. S. (2023). Metodologi penelitian kualitatif. No. Januari. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Rizkiyah, P. (2022) ‘Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini’, Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), p. 115.
Santoso, D.H. (2012) ‘MEMBANGUN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI PENYEDIAAN BUKU BERGAMBAR Makalah tidak dipublikasikan dan didokumentasikan di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang’, Jurnal Pendidikan, (April), pp. 7–9.
Sari, D.L. (2024) ‘Eksplorasi Cerita Rakyat Bengkulu Dalam Format Video 3d Berbantuan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Penulis Koresponden ’:, 3(2), pp. 108–117.
Setiantono, T. (2012) ‘Penggunaan metode bercerita bagi anak usia dini di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung’, Jurnal EMPOWERMENT, 1(2), pp. 18–23.
Suharyat, Y. et al. (2023) ‘Tantangan Pemberdayaan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Layanan PAUD Era Digital’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), pp. 406–415.
Suryani, A. et al. (2024) ‘Artificial Intelligence sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini’, 13(3), pp. 391–415.
Talango, S.R. (2020) ‘Konsep Perkembangan Anak Usia Dini’, Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), pp. 92–105.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rini Fitriyani, Elsi Rahmawati, Risma Permata Sari Indah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal
















