Pengaruh Metode Latihan Kanga Escape Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Wajasari Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen

Penulis

  • Yustiana Damaiyanti Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Indonesia
  • Ahmad Syarif Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Indonesia
  • Bangkit Yudho Prabowo Universitas Jambi, Indonesia
  • Yudesta Erfayliana Universitas Islam Negeri Raden intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v6i02.1383

Kata Kunci:

metode latihan kanga escape, kebugaran jasmani, siswa usia 6-10 tahun

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil tes kebugaran jasmani siswa dalam mata pelajaran PJOK karena siswa merasa bosan dengan metode pembelajaran yang monoton.Metode penelitian kuantitatif yaitu pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas rendah Sekolah Dasar Negeri Wajasari Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen kelas III yang berjumlah 14 anak yaitu 4 anak putra dan 10 anak putri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data tentang pengaruh metode latihan kanga escape terhadap kebugaran jasmani siswa menggunakan stastistik deskritip yang dituangkan dalam presentase. Hasil penelitian data kebugaran jasmani siswa kelas rendah dengan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) maka diperoleh data awal(pre-test) klasifikasi sedang 6 siswa (43%), 5 siswa (36%) dengan klasifikasi kurang, dan klasifikasi baik sebanyak 3 siswa (21%). Dan tes akhir (post-test) klasifikasi baik sebanyak 7 siswa (50%), 3 siswa (21%) dengan klasifikasi sedang, klasifikasi baik sekali 2 siswa (14%), dan 2 siswa (14%) dengan klasifikasi kurang. Dengan demikian adanya peningkatan kebugaran jasmanai siswa setelah diberikan perlakuan metode latihan kanga escape

Referensi

Abdul Narlan, & Dicky Tri Juniar. (2020). Pengukuran Dan Evaluasi Olahraga (Prosedur Pelaksanaan Tes Dan Pengukuran). Deepublish, 170–174.

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edusiana : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31.

Anak Agung Octa Perdana, R. L. (2015). Pengaruh Metode Latihan Atletik Dan Kelincahan Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 1(2), 64–74.

Astuti, P. (2016). Model Communication Game Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jepang. Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu, 82–83.

Bayu Purwo Adhi, S. & T. S. (2017). Pengaruh Latihan dan kekuatan Otot Tungkai terhadap Power Otot Tungkai. Journal of Physical Education and Sports, 6(1), 7–13.

Chairunnisa Sindi , Atradinal, Deswandi, S. H. (2022). Profil Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(7), 8–14.

Darwindo, K., & Prasetya, N. E. (2023). Pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SD / MI/ Sederajat Tahun 2024 Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal.

Guarango, P. M. (2022). Pengaruh Latihan Multilateral Terhadap Kemampuan Kanga Escape (Kids Athletics) Pada Anak Usia 7-8 Tahun Di Club Atletik PASI Sleman. Eprints.Uny, 8.5.2017, 2003–2005.

Hadi, B. S. (2021). Pengaruh Pemberian Perlakuan Sport Massage Terhadap Kebugaran Jasmani Pada Pemain Ukm Sepakbola Unila Di Universitas Lampung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Hardiansyah, S. (2017). Pengaruh Metode Interval Training Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga. Jurnal Penjakora, 4(1), 83–92.

Merta, N. L. S. (2022). Penerapan Latihan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Siswa. Journal of Education Action Research, 6(3), 333–340.

Romansyah, D. (2023). Profil Kebugaran Jasmani Anggota Ekstrakurikuler Futsal Siswa SMP Negeri 1 Cimanggu(Studi Deskriptif pada Ekstrakurikuler Futsal SMP Negeri 1 Cimanggu Kabupaten Sukabumi Tahun Ajaran 2021/2022). Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi, 1–154.

Sabik, R., & Rahayu, E. T. (2022). Pengaruh Latihan Kebugaran Jasmani terhadap Kemampuan Teknik Dasar Shooting Permainan Sepakbola Siswa Sekolah Menengah Pertama. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 5(2), 194–199.

Saputra, I. (2015). Pengaruh Metode Circuit Training Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Putra Kelas Va dan Vb Sekolah Dasar Negeri 112321 Kampung Pajak Kabupaten Labuhan. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14(1), 58–67.

Sudarsinah. (2021). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Anak Usia Kesekolah Dasar. Pgsd Stkip Pgr, 3(3), 1–10.

Sugarwanto, S., & Okilanda, A. (2020). Pengaruh Latihan Single Leg Hops Terhadap Hasil Lompat Jangkit Siswa Smp 1 Sungai Lilin. Kinestetik, 4(1), 85–89.

Sunara, I. N. B. (2021). Penerapan Metode Latihan Awalan Sembilan. 2, 333–344.

Tarju, R. W. (2017). Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Passing Dalam Permainan Sepak Bola. Jurnal Olahraga Pengaruh, 2(2).

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-03

Cara Mengutip

Damaiyanti, Y., Syarif, A., Prabowo, B. Y., & Erfayliana, Y. (2024). Pengaruh Metode Latihan Kanga Escape Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Wajasari Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 6(02), 621–638. https://doi.org/10.53863/kst.v6i02.1383

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.