Penerapan Metode Field trip untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Peserta Didik kelas VII SMP PKBM Darul Hikam

Penulis

  • Ilham Malik Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Kebumen, Indonesia
  • Rasyid Zuhdi Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Kebumen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1306

Kata Kunci:

Metode Field Trip, Menulis, Cerpen.

Abstrak

Kemampuan menulis salah satu keterampilan yang sangat di butuhkan oleh para siswa kalas VII pada bidang pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu pelajaran Bahasa Indonesia yaitu menulis cerita pendek. Adapun salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek yakni dengan melalui metode-metode, salah satu metode yang dapat kita gunakan yaitu meted field trip. Dalam penelitian ini, kunjungan lapangan dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahap masing-masing, yaitu (1) perencanaan aktivitas; (2) pelaksanaan aktivitas; (3) observasi aktivitas; dan (4) refleksi aktivitas. Setiap siswa kelas VII PKBM Darul Hikam SMP di Kuwarasan Kebumen adalah subjek penelitian. Dengan bantuan guru bahasa Indonesia, penelitian ini dilakukan. Teknik wawancara, dokumentasi, observasi, dan evaluasi atau tes adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Hipotesis tindakan, “Dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, jika metode perjalanan penelitian digunakan, kegiatan belajar siswa kelas VII PKBM Darul Hikam Kuwarasan Kebumen SMP akan meningkat”, dapat diterima berdasarkan hasil analisis penelitian. Metode kunjungan lapangan bisa meningkatkan hasil belajar siswa selain meningkatkan aktivitas belajar siswa

Referensi

Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, H. (2022). Penerapan metode field trip dalam menulis puisi siswa kelas X. 2.1, 27-33.

Mardiyah. (2016). ). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 3.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&N. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-29

Cara Mengutip

Malik, I., & Zuhdi, R. (2025). Penerapan Metode Field trip untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Peserta Didik kelas VII SMP PKBM Darul Hikam. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 7(01), 1–9. https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1306

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.