Penerapan Metode Field trip untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Peserta Didik kelas VII SMP PKBM Darul Hikam
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1306Kata Kunci:
Metode Field Trip, Menulis, Cerpen.Abstrak
Kemampuan menulis salah satu keterampilan yang sangat di butuhkan oleh para siswa kalas VII pada bidang pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu pelajaran Bahasa Indonesia yaitu menulis cerita pendek. Adapun salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek yakni dengan melalui metode-metode, salah satu metode yang dapat kita gunakan yaitu meted field trip. Dalam penelitian ini, kunjungan lapangan dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahap masing-masing, yaitu (1) perencanaan aktivitas; (2) pelaksanaan aktivitas; (3) observasi aktivitas; dan (4) refleksi aktivitas. Setiap siswa kelas VII PKBM Darul Hikam SMP di Kuwarasan Kebumen adalah subjek penelitian. Dengan bantuan guru bahasa Indonesia, penelitian ini dilakukan. Teknik wawancara, dokumentasi, observasi, dan evaluasi atau tes adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Hipotesis tindakan, “Dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, jika metode perjalanan penelitian digunakan, kegiatan belajar siswa kelas VII PKBM Darul Hikam Kuwarasan Kebumen SMP akan meningkat”, dapat diterima berdasarkan hasil analisis penelitian. Metode kunjungan lapangan bisa meningkatkan hasil belajar siswa selain meningkatkan aktivitas belajar siswa
Referensi
Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, H. (2022). Penerapan metode field trip dalam menulis puisi siswa kelas X. 2.1, 27-33.
Mardiyah. (2016). ). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 3.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&N. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ilham Malik, Rasyid Zuhdi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal