Pembuatan Video Iklan menggunakan Teknik Live Shoot dan Motion Graphic untuk Media Promosi di Instagram
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v6i02.1230Kata Kunci:
Teknik Live Shoot, Motion Graphic, Iklan.Abstrak
Dalam era digital saat ini, promosi melalui media visual menjadi kunci dalam memperkenalkan produk atau tempat usaha kepada masyarakat. Dengan menggunakan video sebagai media promosi, perusahaan dapat memperluas jangkauan pemasaran dan membuat informasi lebih menarik serta mudah dipahami oleh konsumen. Permasalahan yang dihadapi oleh Kopi Sembilan adalah kurangnya strategi promosi yang kreatif dan menarik, serta tidak menonjolkan Unique Selling Proposition (USP) mereka dalam setiap produk yang dipromosikan. Sebagai perbandingan, pesaing mereka sudah menggunakan video untuk mempromosikan produk mereka, memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan. Dengan mempelajari aspek kreatif dan teknis di balik pembuatan video iklan yang menggunakan teknologi live shoot dan motion graphic, penelitian ini menghasilkan sebuah video iklan yang dinilai sangat baik oleh responden, dengan total presentase 88,2%. Video ini ditayangkan di Instagram resmi Kopi Sembilan dan mendapatkan respons yang positif dari masyarakat. Meskipun demikian, penelitian ini masih memiliki beberapa kekurangan, seperti kebutuhan akan penambahan elemen kreatif seperti animasi 3D, perbaikan perataan animasi, dan penambahan dubbing suara untuk meningkatkan daya tarik visual dan audio iklan. Saran ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengembangan selanjutnya agar promosi Kopi Sembilan menjadi lebih baik dan lebih efektif.
Referensi
Nugroho, L. S., & Utomo, R. D. (2022). Implementasi Teknik Live Shoot Pada Media Promosi Makanan Khas Banyumas. Journal of Multimedia Trend and Technology, 1(2), 37-46.
Sari, W. E., Yulianto, Y., Junirianto, E., Franz, A., Karim, S., & Khamidah, I. M. (2021). Video branding untuk promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 10-18.
Yuliati, T. (2020). Film Pendek Masyarakat Daerah Pinggir Kota Dumai dengan Penggabungan Teknik Live Shoot dan Motion Graphics. Informatika, 12(1), 28-33.
Purwanto, K., Sulistiyono, M., Madani, A., & Kharisma, R. S. (2022, September). Pemanfaatan Video untuk mendukung promosi dan pemasaran UMKM di Banguntapan Bantul. In Seminar Nasional CORIS 2022 (pp. 169-173).
Yulandina, A., Antoni, C., & Firmanda, A. (2018). Optimalisasi unsur live shoot dan motion graphic untuk promosi digital lembaga paud. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 1(1), 1-19.
Sunarya, L., Sunarya, P. A., Fajar, A. A., & Abdillah, M. F. (2021). Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Days Hotel & Suites Tangerang. Technomedia Journal, 6(1 Agustus), 66-81.
Fadli, M., Sugiantoro, B., & Arfiani, I. (2022). Penerapan metode motion graphic pada video animasi prosedur kerja praktek study kasus (Teknik Informatika UAD). Jurnal Pendidikan Multimedia (Edsence), 4(1), 33-42.
Suyanto, M. (2005). Strategi perancangan iklan televisi perusahaan top dunia. Penerbit Andi.
Suyanto, M. (2003). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Penerbit Andi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fersellia Fersellia,Mei Aldi Nugroho,Ghufron Zaida Muflih,Fahmi Fachri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal