Pembuatan Video Iklan menggunakan Teknik Live Shoot dan Motion Graphic untuk Media Promosi di Instagram

Penulis

  • Fersellia Fersellia Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Kebumen, Indonesia
  • Mei Aldi Nugroho Universitas Amikom Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Ghufron Zaida Muflih Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Kebumen, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-7519-7296
  • Fahmi Fachri Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Kebumen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v6i02.1230

Kata Kunci:

Teknik Live Shoot, Motion Graphic, Iklan.

Abstrak

Dalam era digital saat ini, promosi melalui media visual menjadi kunci dalam memperkenalkan produk atau tempat usaha kepada masyarakat. Dengan menggunakan video sebagai media promosi, perusahaan dapat memperluas jangkauan pemasaran dan membuat informasi lebih menarik serta mudah dipahami oleh konsumen. Permasalahan yang dihadapi oleh Kopi Sembilan adalah kurangnya strategi promosi yang kreatif dan menarik, serta tidak menonjolkan Unique Selling Proposition (USP) mereka dalam setiap produk yang dipromosikan. Sebagai perbandingan, pesaing mereka sudah menggunakan video untuk mempromosikan produk mereka, memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan. Dengan mempelajari aspek kreatif dan teknis di balik pembuatan video iklan yang menggunakan teknologi live shoot dan motion graphic, penelitian ini menghasilkan sebuah video iklan yang dinilai sangat baik oleh responden, dengan total presentase 88,2%. Video ini ditayangkan di Instagram resmi Kopi Sembilan dan mendapatkan respons yang positif dari masyarakat. Meskipun demikian, penelitian ini masih memiliki beberapa kekurangan, seperti kebutuhan akan penambahan elemen kreatif seperti animasi 3D, perbaikan perataan animasi, dan penambahan dubbing suara untuk meningkatkan daya tarik visual dan audio iklan. Saran ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengembangan selanjutnya agar promosi Kopi Sembilan menjadi lebih baik dan lebih efektif.

Referensi

Nugroho, L. S., & Utomo, R. D. (2022). Implementasi Teknik Live Shoot Pada Media Promosi Makanan Khas Banyumas. Journal of Multimedia Trend and Technology, 1(2), 37-46.

Sari, W. E., Yulianto, Y., Junirianto, E., Franz, A., Karim, S., & Khamidah, I. M. (2021). Video branding untuk promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 10-18.

Yuliati, T. (2020). Film Pendek Masyarakat Daerah Pinggir Kota Dumai dengan Penggabungan Teknik Live Shoot dan Motion Graphics. Informatika, 12(1), 28-33.

Purwanto, K., Sulistiyono, M., Madani, A., & Kharisma, R. S. (2022, September). Pemanfaatan Video untuk mendukung promosi dan pemasaran UMKM di Banguntapan Bantul. In Seminar Nasional CORIS 2022 (pp. 169-173).

Yulandina, A., Antoni, C., & Firmanda, A. (2018). Optimalisasi unsur live shoot dan motion graphic untuk promosi digital lembaga paud. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 1(1), 1-19.

Sunarya, L., Sunarya, P. A., Fajar, A. A., & Abdillah, M. F. (2021). Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Days Hotel & Suites Tangerang. Technomedia Journal, 6(1 Agustus), 66-81.

Fadli, M., Sugiantoro, B., & Arfiani, I. (2022). Penerapan metode motion graphic pada video animasi prosedur kerja praktek study kasus (Teknik Informatika UAD). Jurnal Pendidikan Multimedia (Edsence), 4(1), 33-42.

Suyanto, M. (2005). Strategi perancangan iklan televisi perusahaan top dunia. Penerbit Andi.

Suyanto, M. (2003). Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Penerbit Andi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-29

Cara Mengutip

Fersellia, F., Nugroho, M. A., Muflih, G. Z., & Fahmi Fachri, F. F. (2024). Pembuatan Video Iklan menggunakan Teknik Live Shoot dan Motion Graphic untuk Media Promosi di Instagram. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 6(02), 382–395. https://doi.org/10.53863/kst.v6i02.1230

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.