Game 3D MMORPG sebagai Media Pembelajaran Cerita Rakyat
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1135Kata Kunci:
Game, MMORPG, 3D, Cerita Rakyat, UnityAbstrak
Cerita rakyat merupakan salah satu bagian dari sastra lisan atau genre folklor yang diceritakan secara turun-temurun. Cerita rakyat dapat membantu dalam proses pembentukan karakter anak yang dapat mempengaruhi keberhasilan akademik. Cerita rakyat sangat dimungkinkan akan hilang seiring waktu. Banyak hal telah dilakukan dalam upaya pelestarian cerita rakyat. Melihat urgensi permasalahan ini yaitu betapa pentingnya manfaat cerita rakyat serta upaya pelestarian yang perlu dilakukan maka dalam penelitian ini mencoba mengembangkan sebuah teknologi game MMORPG yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran cerita rakyat. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini telah berhasil mengembangkan sebuah game MMORPG menggunakan metode GDLC dimana semua fungsionalitas yang terdapat di dalam game ini telah telah berhasil dijalankan sesuai dengan harapan, diuji dengan metode Blacxbox Testing menggunakan teknik State Transition. Quest atau misi yang ditanamkan dalam game ini diharapkan dapat menjadi salah satu media pengenalan dan pembelajaran cerita rakyat di Indonesia.
Referensi
Arini, S. (2022). EDUKASI STUNTING SEJAK DINI DI POSYANDU REMAJA (ESTU JADI DIPUJA) MENGGUNAKAN MEDIA GAME ONLINE. Jurnal JARLITBANG Pendidikan, 8(2), 123-136.
Cristiena, Alifiah Nurachmana, Linggua Sanjaya Usop, Patrisia Cuesdeyeni, Efendi, & Dan Yudistira. (2023). Analisis Makna Simbolik Pada Tradisi Lawang Sakepeng Dalam Upacara Pernikahan. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(2), 163-180.
Eka Ernawati, & Mohammad Kanzunnudin. (2023). Analisis Cerita Lisan Asal–usul Nyai Ageng Ngerang dan kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(2), 311-317.
I Nyoman Suwija, I Made Darmada, & I Nyoman Rajeg Mulyawan. (2019). Kumpulan Satua (Dongeng Rakyat Bali). Denpasar: Pelawa Sari.
InMobi. (2021). Everyone's Gaming Among Us: Mobile Gaming through the Pandemic and Beyond. Retrieved September 15, 2021, from https://go.inmobi.net/hubfs/SEA_2021_GamingReport/Everyone%20is%20Gaming%20Among%20Us,%20SEA.pdf
Merdiyatna, Y. Y. (2019). STRUKTUR, KONTEKS, DAN FUNGSI CERITA RAKYAT KARANGKAMULYAN. Jurnal Salaka, 1(2), 38-45.
Setyowati, D. (2020, April 28). Trafik Internet untuk Gim Online Naik hingga 61% Efek Pandemi Corona. Retrieved Agustus 25, 2021, from https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5ea7e4433a6a1/trafik-internet untuk-gim-online-naik hingga-61-efek-pandemi corona
SHOFIYULLAH, M. (2020). PESAN MORAL DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT NUSANTARA KARYA YUSTITIA ANGELIA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI DAN ISI CERITA RAKYAT. PROSIDING SEMINAR LITERASI V, (pp. 406-422). Semarang.
Sopyan Sauri, P. (2019). Pelestarian Cerita Rakyat Kabupaten Pandeglang dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 31-40.
Sri Hastuti, S. E. (2019). Menulis cerita rakyat sebagai bentuk perhatian pelestarian budaya indonesia dalam sastra. Seminar Nasional SAGA#2 (pp. 87-90). Universitas Ahmad Dahlan.
Sultan Hadi Prabowo, Agus Fakhruddin, & Miftahur Rohman. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191-207.
Sumitri, N. W. (2023). Eksistensi Cerita Rakyat dan Fungsinya dalam Kehidupan Masyarakat di Manggarai Timur. Arif: Jurnal Sastra dan Kearifan Lokal, 3(1), 43-57.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 I Gede Suardika,IGKG Puritan Wijaya ADH,I Made Budi Adnyana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal