Evaluasi Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di MTs Al Huda Rowokele Kebumen 2020

Penulis

  • Yogi Ferdy Irawan Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Burhan Nahroi Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen

Kata Kunci:

Evaluasi Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di MTs Al Huda Rowokele Kebumen Tahun 2020

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengevaluasi manajemen perencanaan kegiatan ekstrakurikuler futsal di MTs Al Huda Rowokele Kebumen 2020; 2) mengevaluasi manajemen pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler futsal di MTs Al Huda Rowokele Kebumen 2020; 3) mengevaluasi manajemen pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler futsal di MTs Al Huda Rowokele Kebumen 2020; 4) mengevaluasi manajemen pengawasan kegiatan ekstrakurikuler futsal di MTs Al Huda Rowokele Kebumen 2020.

Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, (qualitative research) dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, pelatih ekstrakurikuler futsal serta siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal. Bentuk penelitian yaitu penelitian deskriptif. Strategi penelitian menggunakan strategi penelitian kualitatif. Data penelitian berupa data tentang manajeman ektrakurikuler futsal di MTs Al Huda Rowokele Kebumen 2020. Sumber data penelitian berupa data yang diperoleh dari kepala sekolah, pelatih ekstrakurikuler futsal, siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dan dokumentasi. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan cara 1) mereduksi data yaitu merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting; 2) display data atau penyajian data yaitu sekumpulan informasi yang  akan memberikan gambaran penelitian secara menyeluruh; 3) kesimpulan yaitu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan mencari arti, makna, penjelasan yang dilakukan terhadap data yang telah dianalisis dengan mencari hal-hal penting.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan fungsi-fungsi manajemen ekstrakurikuler futsal MTs Al Huda Rowokele yaitu; 1)  perencanaan berjalan sesuai harapan pelatih kepala; 2) pengorganisasian tidak ada tumpang tindih dalam proses pelaksanaan tugas; 3) pelaksanaan sesuai instruksi pelatih namun terkendala di sarana dan prasarana; 4) pengawasan standar pelatihan, hasil dan pengembangan latihan tetap terjaga.

Kata kunci: evaluasi manajemen, ekstrakurikuler futsal

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Andang. (2014). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Arruzi Media.

Halim S Rohman dan Indriarsa Nanang. Minat Siswi SMA Dr. Soetomo Surabaya pada Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 01 Nomor 01 Tahun 2013, 260 - 264l.

Handoyo, A. (2015). Bermain Futsal. Jakarta Pusat: PT Perca

Harsuki. (2012). Pengantar Manajemen Olahraga. Jakarta: PT Raja Grafndo Persada.

Husaini, Usman. (2013). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nanang Fatttah. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Roskadarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

File Tambahan

Diterbitkan

2020-12-12

Cara Mengutip

Ferdy Irawan, Y., & Nahroi, B. (2020). Evaluasi Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di MTs Al Huda Rowokele Kebumen 2020. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(02), 72–82. Diambil dari https://jurnal.umnu.ac.id/index.php/kst/article/view/110

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.