Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola voli melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas V MIN Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024

Penulis

  • Mohammad Agung Pratama Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri, Indonesia
  • Ruruh Andayani Bekti Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri, Indonesia
  • Nur Ahmad Muharram Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1057

Kata Kunci:

Bola voli, Hasil Belajar, Passing Bawah, STAD

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli dengan penerapan model pembelajaran STAD pada Siswa Kelas V MIN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas V MIN Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 24 peserta didik yang terdiri atas 13 peserta didik putra dan 11 peserta didik putri. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Hasil analisis data pada siklus I hasil belajar peserta didik meningkat, hasil belajar passing bawah bola voli 23 peserta didik (96%) yang berhasil mencapai KKM pada aspek pengetahuan. Dalam Siklus I pembelajaran passing bawah bola voli aspek sikap sosial dan spiritual terdapat terdapat 2 peserta didik (8%) mendapat kategori Sangat Baik, terdapat 19 peserta didik (79%) mendapat kategori Baik, dan terdapat 3 peserta didik (13%) mendapat kategori Cukup. Dalam Siklus I pembelajaran passing bawah bola voli aspek keterampilan passing bawah bola voli terdapat 9 peserta didik (38%) yang berhasil mencapai KKM dan 15 peserta didik (62%) yang belum mencapai KKM Pada siklus II hasil belajar terjadi peningkatan lagi dari pada siklus I dalam pembelajaran passing bawah bola voli terdapat 24 peserta didik (100%) yang berhasil mencapai KKM pada aspek pengetahuan. Dalam Siklus II pembelajaran passing bawah bola voli aspek sikap sosial dan spiritual terdapat terdapat 5 peserta didik (12%) mendapat kategori Sangat Baik (A), terdapat 19 peserta didik (88%) mendapat kategori Baik (B). Dalam Siklus II pembelajaran passing bawah bola voli aspek keterampilan passing bawah bola voli terdapat 19 peserta didik (88%) yang berhasil mencapai KKM dan 4 peserta didik (12%) yang belum mencapai KKM.

Referensi

Adi Suriatno dan Rusdiana Yusuf. (2020). MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR. JOURNAL SPORT SCIENCE, HEALTH AND TOURISM OF MANDALIKA (JONTAK) e-ISSN 2722-3116, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.36312/jontak.v1i2.233

Ajayati, T. (2017). The learning model of forearm passing in volleyball for junior high school. Journal of Education, Teaching and Learning, 2(2), 218–223.

Amidjaja, A., Kurniasari, A. F., & Ekawati, N. I. (2021). Buku Panduan Peserta didik: Belajar dan Bermain Berbasis Buku. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Arfa, M., Akhmad, I., & Nugraha, T. (2019). Different Effects Between Cooperative and Sociometric Learning on Lower Passing Learning Outcomes in Volleyball Games of Grade VIII Students at SMP Negeri 14 Medan. In 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership. Atlantis Press, 81–84.

Beutelstahl, D. (2018). Belajar Bermain Bola Voli. Bandung?: Pionir Jaya.

Dimyati, M. (2013). Belajar dan Pembelajaran - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/KONSEP_DASAR_BELAJAR_DAN_PEMBELAJARAN/GXz7DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Dimyati,+Mudjiono,+2013&pg=PA209&printsec=frontcover

Fani, R. A., & Sukoco, P. (2019). Volleyball learning media using method of teaching games for understanding adobe flash-based. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(1), 34–50.

Hergenhahn, B.R., Olson, M. H. (2018). Theories Of Learning (Teori Belajar). Kencana Prenada Media Group.

Hidayat, I. (2018). Biomekanika: Pendekatan Sistem Pembelajaran Gerak. Bandung: Program Pasca sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Husdarta, J.S. & Saputra, Y. (2018). belajar dan pembelajaran pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung?: Alfabeta.

Jariono, G., Fachrezzy, F., & Nugroho, H. (2020). Application of Jigsaw Type Cooperative Learning Model to Improving the Physical Exercise Students Volleyball at Junior High School 1 Sajoanging. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 2(5), 1019–1026.

Khairul, A., Syibran, M., & Syarifah, R. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Digital dalam Proses Belajar Mengajar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 76–87.

Komara, E. (2019). Belajar dan Pembelajaan Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kristiyanto Agus. (2018). Penelitian Tindakan Kelas - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/KERANGKA_PEMBINAAN_OLAHRAGA_DISABILITAS/gbQHEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=agus+Kristiyanto,+M.Pd&pg=PA143&printsec=frontcover

López-Ferrer, A., Marco-Ahulló, A., et., A. (2022). Effectiveness of the Type of Feedback on Learning to Pass in Volleyball. Journal of Motor Learning and Development, 1(Aop), 1, 1–16.

Mark K Smith, D. (2019). Teori Pembelajaran dan Pengajaran: Mengukur Kesuksesan Anda dalam Proses Belajar Mengajar Bersama Psikolog Pendidikan Dunia. Jogjakarta: Mirza Media Pustaka.

Muchlisin, M. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Augmented Reality Alat Uji Kuat Tekan Beton. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 8(1).

Muharram, N. A., & Kholis, M. N. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Servis Atas melalui Model Pembelajaran Problem Based Introduction dalam Permainan Bola Voli. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN CITRA BAKTI (JIPCB), 5(2), 103–107.

Muharram, N. A., & Putra, R. P. (2019). Pengembangan Buku Saku Mobile Learning Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Bola voli Kota Kediri.

Muharram, nur ahmad, & Lusianti, S. (2017). PENGEMBANGAN TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNARUNGU KATEGORI RINGAN DI SLB B KOTA KEDIRI TAHUN 2017. Peran Konseling Dalam Meningkatkan Strategi Pemberdayaan Masyarakat Menuju Indonesia Emas 2045, 57–69. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Munasifah. (2019). Bermain Bola voli. Semarang: CV. Aneka Ilmu.

Rahyubi, H. (2017). Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Sagala, S. (2018). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2018). Dasar-dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sujarwo. (2021). Scouting Statistik Bola Voli. Yogyakarta?: UNY Press.

TC Mutohir, et, A. (2013). Konsep Teknik Strategi dan Modifikasi. Surabaya: Graha Pustaka Media Utama.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-14

Cara Mengutip

Pratama, M. A., Bekti, R. A., & Muharram, N. A. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola voli melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas V MIN Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 6(01), 200–211. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1057

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.