Upaya Meningkatkan Keterampilan Melukis melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Muslimat NU 19 Al Ikhsan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen

Penulis

  • Ujid Supriaji Program studi Pendidikan anak usia dini, universitas maarif nahdlatul ulama kebumenb
  • Umi Habibah Pendidikan anak usia dini, universitas maarif nahdlatul ulama kebumen";}

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v3i01.102

Kata Kunci:

Upaya Meningkatkan Keterampilan Melukis melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Muslimat NU 19 Al Ikhsan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan keterampilan melukis melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada anak usia 5-6 Tahun TK Muslimat NU 19 Al Ikhsan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. yaitu perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan test, post test, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: kreativitas melukis pada anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat 19 Al-Ikhsan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen dapat meningkat melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) . Peningkatan kreativitas mearnai pada anak didik Kelompok A dapat dilihat dari hasil observasi yang diperoleh pada setiap siklus yang mengalami pengingkatan. Dari hasil observasi menunjukkan pada pra siklus menunjukkan ketentuan belajar dengan kriteria baik dari 25 anak didik hanya 7 (28%) anak didik, sebanyak 17 (68%) anak didik dengan kriteria cukup sedangkan 1 (4%) anak didik dengan kriteria kurang. Sikus I menunjukkan ketuntasan belajar dengan kriteria baik dari 25 anak didik sebanyak 12 (48%) anak didik dengan kriteria baik, 13 (52%) anak didik dengan kriteria sedang dan 0 (0%) dengan kriteria kurang. Sedangkan Sikus II menunjukkan ketuntasan belajar dengan kriteria baik dari 25 anak didik sebanyak 22 (88%) anak didik dengan kriteria baik, 3 (12%) anak didik dengan kriteria sedang dan 0 (0%) dengan kriteria kurang.
Kata Kunci : pendekatan pembelajaran. Contextual Teaching And Learning.

Referensi

Abdurahman, Mulyono. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aisyah, Siti, dkk. (2012). Perkembangan dan Konsep Pengembangan Anak Usia Dini . Jakarta : Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dameira, Anne.( 2008). Basic Printing. Jakarta : Link Dan Match Graphic.

Dhieni, Nurbiana, dkk.(2011). Perkembangan Bahasa Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, Jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri.

Fadlillah, M. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, Jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri.

Febrini, Deni. (2017). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hasan Maimunah. (2009 ) PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: Grasindo

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Montolalu dkk. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Musfiroh Takdiroatun, Sri Taminingsih.(2015). Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2014) . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syafarudin. (2012). Pendidikan & Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing

Syah, Muhibin. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo

Syaodih, Sukmadinata, Nana. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wardhani Igak dan Kuswaya Wihardit.( 2011) Penelitian Tindak Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Zaenab, Siti. (2012). Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing, Yogyakarta: Deppublish,

Zaman, Saeful dkk. (2010). Games Kreatif Pilihan Untuk Meningkatkan Potensi Diri & Kelompok. Jakarta: Gagas Media

File Tambahan

Diterbitkan

2021-06-05

Cara Mengutip

Supriaji, U., & Habibah, U. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Melukis melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Muslimat NU 19 Al Ikhsan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 3(01), 22–33. https://doi.org/10.53863/kst.v3i01.102

Artikel Serupa

<< < 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.