Sistem Manajemen Kelas Menggunakan K-Means Clustering untuk Pengelompokan Kelas Unggulan pada Sekolah Dasar Negeri Neglasari 3
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i02.1841Kata Kunci:
Sistem, Manajemen, K-Means clustering, Pengelompokan Siswa, Kelas UnggulanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menganalisis sebuah sistem manajemen kelas menggunakan K-Means Clustering di SD Negeri Neglasari 3. Sistem yang dibangun digunakan untuk pengelompokan kelas unggulan secara objektivitas, efisiensi, dan transparansi berdasarkan prestasi akademik siswa. Sistem yang dibuat digunakan untuk memudahkan proses pengolahan data siswa dalam pengelompokan kelas unggulan yang saat ini masih menggunakan proses manual. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall, yang terdiri dari tahapan Requirement Analysis, Design, Implementation, Testing, dan Maintenance. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dan Database MySQL. Untuk pengujian sistem yang telah dibangun, digunakan beberapa metode, yaitu black-box testing, User Acceptance Test (UAT), uji perbandingan waktu pengerjaan (pre-test dan post-test), serta penyebaran kuesioner kepuasan kepada 10 guru sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa black-box testing dan validasi User Acceptance Test berhasil 100%. Selain itu, sistem yang dibangun juga mampu membuktikan efisiensi waktu pengerjaan pengelompokan kelas meningkat secara signifikan sebanyak 80,63% dibandingkan dengan cara manual. Hasil pengisian kuesioner mendapatkan skor 4,49 dari skala 5. Dengan demikian, hasil penelitian ini membuktikan bahwa sistem yang dikembangkan merupakan solusi yang valid untuk pengelompokan kelas unggulan secara objektif dan efisien
Referensi
Azzahra, L., & Amru Yasir. (2024). Metode K-Means Clustering Dalam Pengelompokan Penjualan Produk Frozen Food. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.70340/jirsi.v3i1.88
Dacwanda, D. O., & Nataliani, Y. (2021). Implementasi k-Means Clustering untuk Analisis Nilai Akademik Siswa Berdasarkan Nilai Pengetahuan dan Keterampilan. Aiti, 18(2), 125–138. https://doi.org/10.24246/aiti.v18i2.125-138
Darmansah, Chairuddin, I., & Asa, R. S. (2021). Analisis Penyebaran Penularan Virus Covid-19 di Provinsi Jawa Barat Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(3), 1188–1199. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i3.1034
Darmansah, D. D., & Wardani, N. W. (2021). Analisis Pesebaran Penularan Virus Corona di Provinsi Jawa Tengah Menggunakan Metode K-Means Clustering. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(1), 105–117. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i1.590
Hutagalung, J., Syahputra, Y. H., & Tanjung, Z. P. (2022). Pemetaan Siswa Kelas Unggulan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1), 606–620. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i1.1516
Kayati, S., Junadhi, Yenni, H., & Asnal, H. (2022). Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Pada Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Kelas Unggulan di SMKN 1 Mandau. Teknologi, 12(2), 39–46. https://doi.org/10.26594/teknologi.v12i2.3282
Muningsih, E., Nur, H. M., Dwi Imaniawan, F. F., Saifudin, Handayani, V. R., & Endiarto, F. (2020). Comparative Analysis on Dimension Reduction Algorithm of Principal Component Analysis and Singular Value Decomposition for Clustering. Journal of Physics: Conference Series, 1641(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1641/1/012101
Murphy, R., & Weinhardt, F. (2020). Top of the Class: The Importance of Ordinal Rank. Review of Economic Studies, 87(6), 2777–2826. https://doi.org/10.1093/restud/rdaa020
Novi, & Mubarok, A. (2021). Penerapan Algoritma K-Means Untuk Menentukan Kelas. INFOMATEK, 23(2), 97–106. https://doi.org/10.23969/infomatek.v23i2.4351
Noviyanto. (2020). Penerapan Data Mining Dalam Mengelompokkan. Paradigma – Jurnal Informatika Dan Komputer, 8(3). https://sulsel.bps.go.id/searchengine/result.html.
Nurdiansyah, D., & Rafdhi, F. (2022). Analisa Dan Perancangan Aplikasi E-Learning Stmik Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 6(2).
Satria, C., & Anggrawan, A. (2021). Aplikasi K-Means berbasis Web untuk Klasifikasi Kelas Unggulan. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 21(1), 111–124. https://doi.org/10.30812/matrik.v21i1.1473
Sinaga, K. P., & Yang, M. S. (2020). Unsupervised K-means clustering algorithm. IEEE Access, 8, 80716–80727. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988796
Sulistiyawati, A., & Supriyanto, E. (2021). Implementasi Algoritma K-means Clustring dalam Penetuan Siswa Kelas Unggulan. Jurnal Tekno Kompak, 15(2), 25. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1162
Wulandari, F. T., Jayanti, A. D., & Setiawati, D. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Kelas Unggulan Berbasis Web Dengan Metode Topsis. Prosiding Sains Nasional Dan Teknologi, 13(1), 219–232. https://doi.org/10.36499/psnst.v13i1.9543
Yudistira, A., & Andika, R. (2023). Pengelompokan Data Nilai Siswa Menggunakan Metode K-Means Clustering. Journal of Artificial Intelligence and Technology Information (JAITI), 1(1), 20–28. https://doi.org/10.58602/jaiti.v1i1.22
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fitri Anggraini, Imam Suprapta, Warno Warno, Hafid Fahrezi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal