Evaluasi Tingkat Kinerja Lalu Lintas dan Aksesibilitas Jalan di Sekitar Alun-Alun Kebumen Pasca Revitalisasi Kawasan
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i02.1817Kata Kunci:
Alun-Alun Kebumen, Revitalisasi, Kinerja Lalu Lintas, Aksesibilitas, Kapasitas Jalan, DS, LOS.Abstrak
Revitalisasi Alun-Alun Kebumen sebagai ruang terbuka publik pusat kota berdampak signifikan terhadap perubahan karakteristik lalu lintas dan aksesibilitas jalan di sekitarnya. Peningkatan aktivitas masyarakat pascarevitalisasi menyebabkan perubahan pola pergerakan kendaraan, peningkatan volume lalu lintas hingga 12,4% pada jam puncak, serta munculnya kepadatan arus lalu lintas pada titik-titik simpul tertentu. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja lalu lintas dan aksesibilitas jaringan jalan sekitar kawasan Alun-Alun Kebumen setelah proses revitalisasi. Metode yang digunakan meliputi survei volume lalu lintas, pengukuran kecepatan kendaraan, observasi keterlambatan arus, serta dokumentasi kondisi eksisting jalan. Analisis mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (Indonesia, 1997) dengan perhitungan kapasitas jalan, derajat kejenuhan (DS), dan tingkat pelayanan (Level of Service/LOS). Hasil menunjukkan terjadi peningkatan DS pada ruas Jalan Kusuma mencapai 0,89 (kategori LOS D), dan perubahan sistem satu arah menyebabkan konektivitas antar-ruas menjadi lebih panjang serta tidak langsung. Temuan ini menunjukkan bahwa revitalisasi berdampak positif terhadap estetika dan pejalan kaki, namun memberikan tekanan terhadap kinerja lalu lintas kendaraan bermotor. Rekomendasi kebijakan berupa penataan ulang arah sirkulasi dan integrasi moda transportasi diperlukan untuk memastikan keberlanjutan fungsi kawasan pusat kota
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Afrizal Zulkarnaen

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal