Analisis Kondisi Jalan dengan Metode PCI (Pavement Condition Index) (Studi Kasus: Ruas Jalan di Kota Kupang)
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1651Kata Kunci:
Kerusakan jalan,kondisi jalan, PCI, Pemeliharaan jalanAbstrak
Jalan merupakan sarana penghubung yang dibuat untuk mempermudah transportasi melalui jalur darat untuk menunjang pergerakan dan keberlangsungan hidup manusia. Jalan harus dalam kondisi yang baik agar dapat digunakan dan dilalui oleh kendaraan, namun pada kenyataannya kondisi jalan tidak selalu dalam kondisi baik karena adanya kerusakan – kerusakan jalan akibat dari umur jalan yang sudah lama dan juga akibat beban kendaraan dan faktor – faktor lainnya. Kerusakan jalan yang terjadi di berbagai daerah merupakan masalah yang sangat penting. Kerusakan tersebut bisa mengakibatkan kerugian bagi penggunanya seperti kemacetan akibat waktu tempuh yang bertambah dan juga fatalnya bisa terjadi kecelakaan. Nilai kondisi jalan ini nantinya akan dijadikan acuan untuk disusunnya program pemeliharaan yang harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahaui nilai kondisi jalan dengan terlebih dahulu mengetahui jenis – jenis kerusakan yang ada kemudian dihitung dengan metode Pavement Condition Index (PCI). Penelitian ini dilakukan pada ruas – ruas jalan yang ada di Kota Kupang yaitu jalan Siliwangi – Garuda – Sumatera, jalan H.R Koroh, jalan Fetor Funay, jalan Perintis Kemerdekaan, jalan Veteran, jalan Gor Flobamora, jalan Amabi Tofa dan jalan Taebenu. Hasil yang didapat yaitu jenis kerusakan yang dominan pada ruas jalan di Kota Kupang adalah lubang, retak memanjang/melintang, retak buaya dan pelepasan agregat. Nilai PCI tertinggi sebesar 89 dan terendah sebesar 19.4 dengan rata – rata nilai PCI nya sebesar 59.1, ini menunjukan bahwa kondisi ruas jalan di Kota Kupang tidak merata artinya ada jalan yang dalam kondisi sangat jelek tetapi ada jalan yang kondisinya masih baik. Untuk menanggulangi kerusakan jalan yang ada dapat dilakukan penambalan lubang, pelapisan tambahan permukaan jalan, pemeliharaan dan rekonstruksi
Referensi
ASTM D6433-11. 2007. Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys. ASTM International. United States. 48 pp.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. (1995) Tata Cara
Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota, Nomor : 002/T/Bt/1995.
E. P. Pasha, ‘Analisis Kerusakan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pci (Pavement Condition Index), Sdi (Surface Distress Index) Dan Iri (International Roughness Index) (Studi Kasus Jl. Widuri Sukorejo, Kota Blitar)’, Eprints.Itn.Ac.Id, vol. 4, no. 2, pp. 153–162, 2020, [Online]. Available: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/7700.
F. R. Yamali, E. Handayani, and E. E. Sirait, ‘Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode Pci (Pavement Condition Index)’, J. Talent. Sipil, vol. 3, no. 1, p. 47, 2020, doi: 10.33087/talentasipil.v3i1.27.
H. Yunardhi, ‘Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode Pci Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus : Ruas Jalan D.I. Panjaitan)’, J. Teknol. Sipil, vol. 2, no. 2, pp. 38–47, 2018.
N. Azwaningtyas, P. Studi, T. Sipil, F. Teknik, and U. M. Surakarta, ‘Analisis Kerusakan Lapis Permukaan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) Serta Alternatif Solusi Penanganan (Studi Kasus : Ruas Jalab Raya Solo – Baki Grogol Sukoharjo)’, 2018
S. Kasus, R. Jalan, S. T. A. Sta, L. G. J. Lalamentik, and J. E. Waani, ‘Analisa Kerusakan Jalan Dan Penanganannya Dengan Metode Pci ( Pavement Condition Index )’, vol. 8, no. 4, pp. 645–654, 2020.
Udiana I Made.,2014.,”Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus :
Ruas Jalan J.W Lalamentik dan Jalan GOR Flobamora”.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Desri Marfenita Hale Kore, Putri D K Djahamouw

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal