Antara Harapan dan Realita: Integrasi Teknologi Informasi dalam Pelayanan Administrasi Haji untuk Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Publik

Penulis

  • Nashrul Anas AN Kantor Wilayah Kementerian Agama, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1602

Kata Kunci:

Teknologi Informasi, Akuntabilitas Publik, Layanan Haji, Transparansi

Abstrak

Saat ini, hampir seluruh instansi pemerintahan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi (TI) pada setiap layanannya, tidak terkecuali kementerian agama dalam pelayanannya terhadap jamaah haji Indonesia. Ini merupakan harapan baru untuk masyarakat Indonesia yang akan melaksanakan haji, khususnya dalam meminimalisir adanya kecurangan, birokrasi yang berbelit serta layanan yang tidak transparan. Meski demikian, harapan dengan realita di masyarakat belum terpenuhi seluruhnya. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan menjawab sejauh mana penerapan teknologi informasi dalam pengelolaan layanan haji dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas publik, serta mengidentifikasi kendala dan peluang yang diperlukan di masa mendatang untuk meningkatkan layanan haji di Indonesia. Penelitian ini menggunakan studi kasus dari berbagai literatur dengan topik terkait untuk melihat sejauh mana kepuasan masyarakat terkait layanan haji yang berbasis TI. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik analisis pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi informasi (TI) berdampak besar terhadap kepuasan masyarakat sebagai apresiasi positif terhadap layanan jamaah haji. Namun, beberapa diantaranya juga menunjukkan kelemahan seperti layanan aplikasi yang belum bisa diakses oleh seluruh masyarakat, laporan penyaluran keuangan kurang terbuka, serta adanya indikasi kecurangan pada masa tunggu jamaah haji. Hal ini kemudian berimplikasi pada harapan masyarakat terhadap layanan yang seharusnya memudahkan, transparan, sekaligus sebagai bentuk integritas dalam menumbuhkan kepercayaan publik pada layanan haji sedikit berbanding terbalik dengan realita di masyarakat

Referensi

Adha, M. A. (2024). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji BPRS Madina Mandiri Sejahtera Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Haji. JEKIS: Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), Article 3. https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jekis/article/view/600

Akkas, A. (2022). Sistem Penyediaan Transportasi Udara Dalam Pengoptimalan Pelayanan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Haji Indonesia. Jurnal Manajemen Dakwah, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.15408/jmd.v10i2.28083

Amirudin, A., & Triantoro, R. R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Manasik Haji Terhadap Kepuasan Jamaah Haji Di Kbih At-Taqwa Kota Tangerang. Jurnal Manajemen Dakwah, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/jmd.v10i1.26079

Anesta, K. L., & Kenedi, J. (2023). Manajemen Pelayanan Dalam Meningkatkan Minat Calon Jama’ah Haji Dan Umroh Pada Pt. Tour And Travel Auliya Perkasa Abadi Di Pasaman Barat. Multazam : Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.32332/multazam.v3i2.7470

Annisa, M. Z. (2024). Strategi Rekrutmen Petugas Haji Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Jamaah Haji Pada Kementerian Agama Kota Jakarta Pusat Tahun 2023 [bachelorThesis, Falkultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/83697

Ansori, L. (t.t.). DPR usulkan audit forensik Siskohat untuk ungkap manipulasi data haji, Arteria Dahlan: Kalau perlu kita pakai Bareskrim. https://www.mengerti.id/news/66413523895/dpr-usulkan-audit-forensik-siskohat-untuk-ungkap-manipulasi-data-haji-arteria-dahlan-kalau-perlu-kita-pakai-bareskrim

Antara News. (2024, 11 September). Anggota Pansus Haji temukan dugaan manipulasi data di Siskohat. https://www.antaranews.com/berita/4324263/anggota-pansus-haji-temukan-dugaan-manipulasi-data-di-siskohat

Arief, M. I., & Husin, G. M. I. (2022). Umrah Pra Dan Era Pandemi: Perubahan Sosial Dan Sikap Keberagamaan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), Article 5. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1244

BPKH, superuser. (2021, Juni 16). Laporan Keuangan BPKH - BPKH. https://bpkh.go.id/laporan-keuangan-bpkh/

BPKH, superuser. (2023, Desember 1). Laporan Tahunan—BPKH. https://bpkh.go.id/laporan-tahunan-bpkh/

Dziasyafiq, S. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan kemenag terhadap kepuasan jamaah Haji Indonesia: Penelitian pada jamaah Haji di Kementerian Agama Kabupaten Bogor periode 2023 [Other, UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. https://digilib.uinsgd.ac.id/87984/

Fraksi PKS. (2024, 4 September). Pansus Haji DPR ungkap ketidaksesuaian dan dugaan manipulasi data dalam pemberangkatan haji khusus. https://fraksi.pks.id/2024/09/04/pansus-haji-dpr-ungkap-ketidaksesuaian-dan-dugaan-manipulasi-data-dalam-pemberangkatan-haji-khusus/

Hafiz, A., Ramadhoni, M. R., & Romdaniah, L. (2022). Efektivitas Digitalisasi Pelayanan Pada Himpunan Penyelenggara Umrah Dan Haji (Himpuh) Dalam Meningkatkan Layanan Haji. Jurnal Manajemen Dakwah, 10(2), Article 2. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jmd/article/view/29171

Halim, F. S., & Putra, P. (2023). Analisis Penerapan Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Terhadap Tabungan Haji Pada Bank Tabungan Negara Syariah KC Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7443

Hasan, S. R., Potalangi, S., Afdali, A. N., & Mardiana, A. (2024). Peran Pemerintah Dalam Pelaksanaan Ibadah Haji Di Bali. Maslahah : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.59059/maslahah.v2i1.943

HUMAS. (2025, Januari 8). Jamaah Haji Kabupaten Kediri Mulai Lakukan Biovisa untuk Visa Haji 2025. KANTOR KEMENTERIAN AGAMA. https://kemenagkabkediri.id/2025/01/08/jamaah-haji-kabupaten-kediri-mulai-lakukan-biovisa-untuk-visa-haji-2025/

Info Haji | Kabupaten Tabalong. (t.t.). Info haji. https://portal.tabalongkab.go.id/kategori/info-haji

Jen, I. (2022). Optimalisasi Pengelolaan Dana Haji Untuk Kesejahteraan Jamaah Haji Di Indonesia [Thesis, Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38642

Kemenag. (t.t.-a). Indeks Kepuasan Jemaah Haji 2024 88,20, sangat memuaskan. https://kemenag.go.id/pers-rilis/indeks-kepuasan-jemaah-haji-2024-88-20-sangat-memuaskan-iTWcg

Kemenag. (t.t.-b). Kemenag rumuskan langkah peningkatan layanan maskapai penerbangan jemaah haji. https://kemenag.go.id/nasional/kemenag-rumuskan-langkah-peningkatan-layanan-maskapai-penerbangan-jemaah-haji-RTRy6

Kemenag. (t.t.-c). Menag apresiasi kinerja karyawan Siskohat dalam proses bio visa jemaah haji. https://kemenag.go.id/nasional/menag-apresiasi-kinerja-karyawan-siskohat-dalam-proses-bio-visa-jemaah-haji-7Swvo

Kemenag Rilis Aplikasi Kawal Haji, Ini Manfaatnya. (t.t.). Diambil 3 Mei 2025, dari https://haji.kemenag.go.id/v5/detail/kemenag-rilis-aplikasi-kawal-haji-ini-manfaatnya

Kementerian Agama Provinsi Lampung. (t.t.). Mudahkan layanan haji, pemerintah terapkan visa biometrik. https://lampung.kemenag.go.id/v1/home/artikel/detail

Lutfiatunnisa. (2023). Implementasi Aplikasi Haji Pintar Dalam Pelayanan Pendaftaran Haji Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor [bachelorThesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/72188

Madani, A. D., Taqiyuddin, T., & Santoso, S. (2023). Implementasi Informasi Teknologi (IT) Dalam Pengelolaan Pendaftaran Haji Pada KBIH Badrul Munir. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/jiem.v7i1.13303

Marfelina, R. A. (2024). Meningkatkan Pengelolaan Keuangan Dana Haji di Reksadana Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Bulletin of Community Engagement, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.51278/bce.v4i3.1504

Marliza. (2024). Menuju Haji yang Efisien dan Berkeadilan: Optimalisasi Sistem Pendaftaran dan Pengelolaan Waiting List Jemaah Haji di Jawa Barat. JURNAL ILMIAH GEMA PERENCANA, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.61860/jigp.v2i3.122

Naad, D., Nawaf, A., Ginting, A. F., Sazali, H., Azwar, M., & Utami, T. N. (2024). Efektifitas Pelayanan Haji Dan Umroh Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24952/tadbir.v6i2.13757

Nufus, S. H. (2023). Penerapan Media Transformasi Digital Dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Haji Pada Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Jakarta [bachelorThesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/72878

Paruni, R., Supena, C. C., & Wardani, A. K. (2024). Tangibilitas Pelayanan Publik (Studi Pada Pelayanan Haji Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya). Inskripsi, 1(1), Article 1.

Peran teknologi informasi dalam meningkatkan layanan ibadah haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) NU Kota Semarang—Walisongo Repository. (t.t.). Diakses 7 Mei 2025, dari https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26116/

Perekaman Bio Visa Untuk JCH Kampar Hari Pertama Berlangsung Lancar. (t.t.). Diakses 3 Mei 2025, dari https://haji.kemenag.go.id/v5/detail/perekaman-bio-visa-untuk-jch-kampar-hari-pertama-berlangsung-lancar

RI, O. (t.t.). Ombudsman RI Serahkan Kajian Sistemik Pelayanan Ibadah Haji Tanah Air 2023. Diakses 6 Mei 2025, dari https://ombudsman.go.id:443/news/r/----ombudsman-ri-serahkan-kajian-sistemik-pelayanan-ibadah-haji-tanah-air-2023

SA’DIYAH. (2023). Eksistensi Sistem Informasi Dan Komputerisasi Haji Terpadu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Calon Jemaah Haji Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon [Diploma, S1-Hukum Keluarga]. http://syekhnurjati.ac.id

Setyawan, D. R. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Sub Bagian Kepegawaian Di Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah [Undergraduate, Universitas Islam Sultan Agung Semarang]. https://repository.unissula.ac.id/28604/

SISKOHAT | Dashboard. (t.t.). Diambil 3 Mei 2025, dari https://haji.kemenag.go.id/sidb/admin/

Sukmawijaya, M. A. L. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan pendaftaran haji terhadap kepuasan calon jamaah tahun 2024: Penelitian di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung [Other, UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. https://digilib.uinsgd.ac.id/97336/

Tempo. (2025, Januari 12). Apa kabar kasus dugaan jual beli kuota haji 2024, Pansus Angket Haji, dan pelaporan Yaqut ke KPK. https://www.tempo.co/politik/apa-kabar-kasus-dugaan-jual-beli-kuota-haji-2024-pansus-angket-haji-dan-pelaporan-yaqut-ke-kpk-1192879

Tohari, M., Faqihudin, A., & Azzahra, A. N. (2024). Akomodasi Pelayanan Haji: Evaluasi Terhadap Pelayanan pada Puncak Penyelenggaraan Haji 2023 Di Arab Saudi. JURNAL ILMIAH NUSANTARA, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.61722/jinu.v1i4.2082

Tuban, H. K. K. (2024, Desember 5). Sambut Haji 2025, Kemenag Tuban Mulai Gelar Bio Visa Jemaah. KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TUBAN. https://kemenagtuban.com/2024/12/05/sambut-haji-2025-kemenag-tuban-mulai-gelar-bio-visa-jemaah/

UU No. 34 Tahun 2014. (t.t.). Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 3 Mei 2025, dari http://peraturan.bpk.go.id/Details/38717

Yunus, E. P., Dako, A., Faisal, F., & Mohamad, R. (2024). Peran Pemerintah dalam Pelaksanaan Ibadah Haji di Aceh. Maslahah : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.59059/maslahah.v2i2.1025

Zahrotustsany, I. (2017). Pelaksanaan Pelayanan Pendaftaran Calon Jemaah Haji Berdasarkan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Di Kementrian Agama Kabupaten Ciamis. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.25157/dinamika.v4i3.664

Zakiyah, H. (2024). Diplomasi Indonesia Terhadap Arab Saudi dalam Penambahan Kuota Haji 2017-2024 [Thesis, Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/54078

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-25

Cara Mengutip

Anas AN, N. (2025). Antara Harapan dan Realita: Integrasi Teknologi Informasi dalam Pelayanan Administrasi Haji untuk Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Publik. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 7(01), 244–259. https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1602

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.