Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berita Straight News dan Feature dengan Pendekatan Jurnalisme Profetik
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1518Kata Kunci:
bahan ajar, berita, straight news, feature, jurnalisme profetikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul menulis berita straight news dan feature dengan pendekatan jurnalisme profetik dan (2) mengetahui tingkat kelayakan modul tersebut. Jenis metode penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan 4D (four-D) Thiagarajan, yang terdiri dari tahapan define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi oleh ahli materi, bahasa, dan media. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria validasi ahli dengan persentase 87,9%, terdiri dari ahli materi (89%), ahli bahasa (84,7%), ahli media (90,25%), dan hasil angket respons mahasiswa yang memperoleh persentase 83%. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa modul menulis berita straight news dan feature dengan pendekatan jurnalisme profetik yang dihasilkan sudah valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran
Referensi
Azwar, Saifuddin. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Batoebara, Maria Ulfa Erni Suyani,Cut Alma Nuraflah. (2020). Literasi Media Dalam Menaggulangi Beritahoaks (Studi Pada Siswa SMKN 5 Medan) Jurnal Warta Edisi 63, Volume 14, Nomor 1: 1-208.
Budiana, Agus. Fenomena Pemberitaan Hoax Pada Media Whatsapp Tentang Berita Terlambat Dari Bandung (Pemikiran Hermeneutika Paul Riceour) https://isip.usni.ac.id/jurnal/Agus.pdf
Duku, Sumaina. (2014) Konsep Dasar Jurnalisme Pembangunan Wardah: No. XXVII/ Th. XV/ Juni.
Feri. (2019). Pemikiran Parni Hadi tentang Jurnalisme Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 3 Nomor 1
Gumilar, G., Justito A. dan Nunik M. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial Dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) Oleh Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35-40. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16275
Hadi, Sutrisno. (2004). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.
Hamzah, Radja Erland dan Citra Eka Putri. (2020). Mengenal dan Mengantisipasi Hoax di Media Sosial pada Kalangan Pelajar. Jurnal Abdi Moestopo Vol. 03, No. 01.
Kovach, B., & Rosenstiel, T. (2014). The Elements of Journalism: What Newspeople Should Know and the Public Should Expect. Three Rivers Press
Lesmana, Fanny. (2016). Feature: Tulisan Jurnalistik Yang Kreatif Disertai Kaidah dalam Penulisan Jurnalistik. Penerbit ANDI Yogyakarta
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata
Magdalena, Ina, dkk. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial.Volume 2, Nomor 2, 170-187.
McQuail, D. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory. Sage Publications.
Morissan. (2008). Jurnalistik Televisi Mutakhir. Jakarta: Preanada Group.
Musyaffa. (2020). Berita Hoaks vs Berita Layak: Tipologi Khalayak Media Sosial Perspektif Fikih Jurnalistik Jurnal Ilmiah Syiar Vol. 20, No. 02, Juli - Desember, 128 - 143
Prayogo, Hadi, Deden Makbulloh, Jamal Fakhri, Rubhan Masykur. (2023). Pendidikan Jurnalistik Profetik di Journalist Boarding School Cilegon. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, VOL: 12/NO: 01 Februari.
Rahmadhany, Anissa, Anggi Aldila Safitri, Irwansyah. (2021). Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis Vol. 3 No.1.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. In Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulandjari, Rekno. (2009). Jurnalistik Pers Modal Utama Bagi Penulis Pemula Majalah Ilmiah Universitas Pandanaran Vol 7, No 15
Waraulia, Asri Musandi. (2020). Bahan Ajar: Teori dan Prosedur Penyusunan. Madiun. Unipma Press.
Wardle, C., & Derakhshan, H. (2017). Information Disorder: Toward an Interdisciplinary Framework for Research and Policy Making. Council of Europe
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aan Herdiana, Reza Abineri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal