Pengaruh Implementasi Kegiatan Belajar Daring Terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Penulis

  • M. Alif Fahrezy Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Amiruddin Amiruddin Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Bermiko Kasah Padang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Ihsanul Hakim Nainggolan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Abdillah Abdillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Azky Wifa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • M. Suheri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v6i02.1247

Kata Kunci:

Pandemi Covid 19, Daring, Ilmu Komputer

Abstrak

Pandemi COVID-19 terjadi secara global sejak akhir tahun 2019 telah berubah secara signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di sektor pendidikan. Untuk mencegah penyebaran virus, banyak institusi pendidikan di Indonesia terpaksa menghentikan kegiatan pembelajaran tatap muka dan beralih ke pembelajaran daring. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan tidak terkecuali dalam mengimplementasikan kebijakan ini, terutama untuk mahasiswa program studi Ilmu Komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan belajar daring memiliki pengaruh signifikan terhadap mahasiswa program studi Ilmu Komputer di UINSU Medan. Infrastruktur teknologi yang memadai dan kompetensi digital yang baik mendukung efektivitas pembelajaran daring. Namun, tidak semua mahasiswa memiliki akses yang sama terhadap infrastruktur teknologi, sehingga diperlukan kebijakan yang memastikan akses yang merata bagi seluruh mahasiswa. Kegiatan belajar daring memiliki potensi besar dalam meningkatkan fleksibilitas dan aksesibilitas pendidikan diikuti oleh infrastruktur teknologi dan kompetensi digital. Namun dampak psikologis berpengaruh negatif, menunjukkan bahwa stres dan rasa isolasi mengurangi efektivitas pembelajaran daring. Secara keseluruhan, implementasi kegiatan belajar daring pada Program Studi Ilmu Komputer Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan memberikan dampak yang bervariasi terhadap mahasiswa. Ada manfaat signifikan dalam gangguan dan keterampilan teknis, namun juga tantangan yang perlu diatasi terutama terkait kualitas interaksi dan kendala teknologi. Diharapkan efektivitas pembelajaran daring dapat lebih optimal dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi mahasiswa program studi Ilmu Komputer di UINSU Medan.

Referensi

Adi, S., & Putra, H. (2020). "Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19". Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 14(1), 23-30.

Adedoyin, O. B., & Soykan, E. (2020). "COVID-19 pandemic and online learning: the challenges and opportunities." Interactive Learning Environments. DOI: 10.1080/10494820.2020.1813180.

Ali, A., & Ahmad, I. (2020). "Impact of Online Education on Student Learning during COVID-19 Pandemic." Journal of Education and Practice, 11(14), 32-41.

Dhawan, S. (2020). "Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis." Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5-22. DOI: 10.1177/0047239520934018.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Gonzalez, T., de la Rubia, M. A., Hincz, K. P., et al. (2020). "Influence of COVID-19 confinement on students’ performance in higher education." PLoS ONE, 15(10), e0239490. DOI: 10.1371/journal.pone.0239490.

Kumar, P., & Kumar, A. (2021). "Impact of online learning readiness on students’ engagement in higher education." Online Learning Journal, 25(2), 176-194. DOI: 10.24059/olj.v25i2.2325.

Kusuma, H. (2020). "Tantangan dan Hambatan Pembelajaran Daring". Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(3), 45-52.

Moorhouse, B. L. (2020). "Adaptations to a face-to-face initial teacher education course ‘forced’ online due to the COVID-19 pandemic." Journal of Education for Teaching, 46(4), 609-611. DOI: 10.1080/02607476.2020.1755205.

Nurhayati, N., & Wulandari, D. (2021). "Analisis Kendala dan Solusi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 pada Mahasiswa." Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(3), 244-255. DOI: 10.33394/j-tek-p.v14i3.4000.

Rahayu, D. (2020). "Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Mahasiswa Teknik Informatika". Jurnal Pendidikan Ilmu Komputer, 10(2), 75-82.

Ruhiat, D. (2022). Implementasi Distribusi Peluang Gumbel Untuk Analisis Data Curah Hujan Rencana. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 213. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.7137

Santoso, A. (2021). "Dampak Pembelajaran Daring terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa". Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(4), 101-109.

Sahu, P. (2020). "Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff." Cureus, 12(4), e7541. DOI: 10.7759/cureus.7541.

Setiawan, B. (2020). "Pemanfaatan Sumber Daya Digital dalam Pembelajaran Daring". Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 112-119.

Subekti, A., & Asyari, A. (2021). "Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19." Jurnal Pendidikan, 10(2), 128-135.

Van Nuland, S., Hall, N., et al. (2020). "COVID-19 and its effects on teacher education in Ontario: A complex adaptive systems perspective." Journal of Education for Teaching, 46(4), 442-451. DOI: 10.1080/02607476.2020.1803050.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-19

Cara Mengutip

Fahrezy, M. A., Amiruddin, A., Padang, B. K., Nainggolan, I. H., Abdillah, A., Wifa, A., & Suheri, M. (2024). Pengaruh Implementasi Kegiatan Belajar Daring Terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(02), 372–381. https://doi.org/10.53863/kst.v6i02.1247

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.