Improving Students’ Vocabulary through “Word Square Method”
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1078Kata Kunci:
Vocabulary, Word square, ImprovingAbstrak
Kosakata mengacu pada kumpulan kata yang familiar bagi seseorang dalam bahasa tertentu. Ini mencakup kata-kata yang dipahami, dikenali, dan digunakan seseorang dalam berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode word square dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa kelas satu di SMP Negeri 1 Tanggetada. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah “Bagaimana bisa metode word square dapat meningkatkan pengetahuan kosakata para peserta didik?”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan kosakata bahasa Inggris murid-murid kelas satu di SMP Negeri 1 Tanggetada. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu preliminary research, planning, action, observing, analyzing, dan reflecting pada setiap siklusnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan kosakata bahasa Inggris para peserta didik. Peneliti menggunakan dua jenis instrumen untuk mengumpulkan data, antara lain test kosakata yang diberikan pada pertemuan ke empat di tiap siklus, dan lembar observasi yang diisi pada saat proses belajar mengajar. Penelitian ini membuahkan hasil yang baik dalam hal peningkatan pengetahuan kosakata, maupun kinerja para murid di dalam kelas. Peneliti melakukan dua siklus dalam penelitian ini. Siklus pertama dianggap gagal karena hanya 36% dari para siswa yang mampu mencapai skor minimal (75) dikarenakan belum pahamnya siswa terhadap metode word square. Setelah siklus kedua dilaksanakan serta inovasi peneliti dalam melakukan word square di kelas, persentase keberhasilan pun meningkat menjadi 80%. Oleh karena itu, penelitian pun dihentikan karena telah dianggap berhasil.
Referensi
Adebileje, A. (2016). Forms and the Function of the English Noun Phrase in selested Nigerian text. IOSR Journal of Humanities and Saocial Science (IOSR-JHSS). Nigeria. Vol. 2.
Al-Hasaani et al. (2016). A Case Study of English and Arabic Adjectives in Attribute Position at Aden University. International Journal of English Language Teaching. Saudi Arabia. Vol. 4.
Alamsyah Said & Andi Budimanjaya (2015), 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligencess, Jakarta : Kencana.
Ambarwati, R., & Mandasari, B. (2020). The Influence of Online Cambridge Dictionary toward students’ Pronunciation and Vocabulary Mastery. Journal of English Language Teaching and Learning, 1(2), 50-55.
Amin, T. S., & Yulia, S. H. (2022). Enhancing Students’ Vocabulary Mastery through Word Square Model. Professional Journal of English Education, 5(5), 997-1002.
A Newing (1994) Henry Ernest Dudeney Britain’s greatest puzzlist, in R K Guy and R E Woodrow (eds), The lighter Side of Mathematics Spectrum 21. Washington, 294-301
Andrew and Wright, (2007) Games for Languange Learning. Cambridge : Cambridge University Press.
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal dan Murtadlo, Ali (2016), Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung : Satu Suna.
Berta, (2020) Improving the students’ Vocabulary Mastery Through Word Square. Dr. M. Sobry Sutikno (2009) Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Prospect.
Fauziti, E (2010) Teaching English as a Foreign Languange (TEFL). Surakarta : Era Pustaka Utama
Fitri, N. (2018). Improving students’ Vocabulary Mastery by Using Short English Game At The Eight Grade of SMP Dwijendra Denpasar.
Hardiyanti et al. ( 2015). Errors Made by the Seventh Grade students Using Personal Pronoun. E-journal of English Language Teaching Society (ELTS). Vol. 3.
Harmer, J (2007). The Practice of English Languange Teaching (4th Ed.). USA Pearson Education Limited.
Hasibuan, (2017). Improving the students’ Vocabulary Mastery through Word Square Method at Seven Grade of State Islamic Junior High School Sibuhuan.
Hasibuan, D., & Juliana. (2020). The Effect of Word Square Model on Students’ Vocabulary Mastery. Jurnal Fisik, 1 (1), 46-57.
Istarani. (2012) 58 Method Pembelajaran Inovatif “Word Square”. Medan: Media Persada.
Kemmis & Taggart (1990), The Action Research Planner. Victorio. Deakin.Unive Press
Khaisaeng, Sukany, and Dennis K.Nutpraha (2017). A Study Part of Speech Used in Online Students Weekly Megazine. Thailand, Vol 5.
Komariyah (2010). Penerapan Metode Word Square Dalam Pembelajaran Ibadah Muamalah Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 2 Kalasan (Yogyakarta: Skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga)
Kurniawan, Iwan and Seprizanna. ( 2016). An Analysis of s t udents? Ability in using Subject-Verb Agreement. English Education: Journal tradis Bahasa Inggris. Lampung. Vol. 9.
Mandasari, B., & Aminatun, D. (2020). Improving students’speaking Performance an exploratory study of management and engineering students. Premise Journal, 7(2), 61-79.
Mandasari, B., & Oktaviani, L. (2018). English language learning strategies: Movie at the Eleventh Grade of SMA N 8 Kota Jambi.
Manurung, J. E., Setiawan, H., & Sianturi., Febby G. S. (2021). Improving Students’ Vocabulary Mastery by Using Word Square Technique to Students of SMP Methodist 1 Palembang. Journal of English Education, 2 (2), 97-108.
Marta, R (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Method Word Square Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Pendidikan, 46 35-40.
Mawar, S., Eka, S. H., Fitri, R. S. (2017). Improving Students’ Vocabulary Mastery through Word Square Modeling at Grade VII SMP Negeri 5 Padangsidumpuan. Jurnal Peneltian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 3, (2), 235-250.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Susi Astiantih
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal