Pendidikan Bahasa sebagai Upaya Membangun Generasi Unggul di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1077Kata Kunci:
Superior Generation; Character buildingAbstrak
Pendidikan bahasa dalam konteks era digital merupakan upaya strategis untuk membangun generasi unggul. Dalam era ini, kemampuan berbahasa tidak lagi hanya berkaitan dengan komunikasi verbal, tetapi juga mencakup literasi digital dan pemahaman konten daring. pendidikan bahasa dalam mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif, kritis, dan kreatif di tengah arus informasi digital yang melimpah. Salah satu tantangan utama dalam era digital adalah bagaimana mengintegrasikan penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa tanpa mengesampingkan nilai-nilai tradisional. Melalui pendekatan yang inklusif dan inovatif, pendidikan bahasa sebagai alternatif untuk membantu generasi muda untuk menjadi pemikir yang mandiri, mampu mengeksplorasi dan menafsirkan berbagai sumber informasi dengan bijak, serta berpartisipasi aktif dalam masyarakat global yang terhubung secara digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan bahasa sebagai upaya membangun generasi unggul di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan bahasa memiliki peran penting dalam membentuk generasi unggul di era digital. Melalui pendidikan bahasa, individu dapat mengembangkan kemampuan komunikasi, pemahaman konten, dan keterampilan literasi yang sangat dibutuhkan dalam lingkungan digital yang terus berkembang. Dengan pemahaman yang kuat tentang bahasa, generasi masa depan dapat memanfaatkan teknologi dengan bijak, menghasilkan dan menganalisis informasi secara kritis, serta berpartisipasi secara aktif dalam berbagai konteks global.
Referensi
Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. TA’ALLUM, Vol 03. No.
Devianty, R. (2017). Peran Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah dalam Pendidikan Karakter. Pendidikan Ilmu Sosial Dan Budaya, 1(2).
Handayani, Ni Nyoman Lisna, Ni Ketut Erna Muliastrini, Putu Bayu Ariska Putra Gotama, and N. M. K. (2021). Pembelajaran Era Disrupsi Menuju Era Society 5 . 0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Jurnal Lampuhyang, 12, no. 1, 79–91.
Hartiyani, E. S., Santoso, G., & Rantina, M. (2023). The Parable of The Mexican Fisherman?: Ambang Batas Merasa Cukup?? . . Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ), 2 (2), 79–84.
Januszewski, A. (2008). Educational Technology: The Development of a Concept. Educational Technology, 48(3, 24–30.
Jefrit Johanis Messakh, Esti Regina Boiliu, Djoys Anneke Rantung, L. N. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Moderasi Beragama di Era 5.0. Jurnal: Educatif, Vol 5 (5).
Mukarromah, E. (2017). Inovasi Pendidikan dalam Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 23(4), 505–516.
Nisa, U. (2018). Pengembangan Buku Literasi Berbasis Kebudayaan Tidung Kalimantan Utara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 2 Tarakan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.
Rahmawati, A. (2023). Keragaman Genetik Varietas Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.). Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(01), 35–40. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.677
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta.
Wardani, K.D.K.A. Gosong, M dan Artawan, G. (2013). Sikap Bahasa Siswa Terhadap Bahasa Indonesia: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Singaraja. Pendidikan Bahasa Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2. 4.
Zamroni. (2007). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pendidikan. Pendidikan Indonesia, 5(1, 45–58.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Gresye Karunia Rumodar,Jefrit Johanis Messakh,Lamhot Naibaho
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal