TINGKAT KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES KELAS V SD IT VIP AL HUDA KEBUMEN
Keywords:
Tingkat Kedisiplinan Peserta Didik dalam Pembelajaran Penjasorkes Kelas V SD IT VIP Al Huda Kebumen , kedisiplinan, pembelajaran, penjas, discipline, Learning, Physical educationAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan kelas V yang dilaksanakan di SD IT VIP AL HUDA KEBUMEN dalam membentuk keterampilan cabang olahraga, aktivitas bermain, dan penanaman nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tanggapan siswa tentang tingkat kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran penjasorkes kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif, proses dalam pengumpulan data menggunakan metode survei, teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD IT VIP AL HUDA KEBUMEN yang berjumlah 36 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan teknik expert judgement oleh dosen ahli dan guru penjasorkes di SD IT VIP AL HUDA. Hasil dari penelitian tanggapan siswa tentang tingkat kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran penjasorkes kelas V SD IT VIP AL HUDA KEBUMEN berada pada kategori baik. Kategori baik ini ditandai dengan frekuensi terbanyak dari 36 siswa yaitu 12 siswa dengan presentase 33,3%. Secara rinci terdapat 8 siswa (22,2%) dalm kategori sangat baik, 12 siswa (33,3%) dalam kondisi baik, 10 siswa (27,8%) dalam kondisi tidak baik, 6 siswa (16,7%) dalam kondisi sangat tidak baik.References
Arikunto, S. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Burhaein, E (2017). Aktifitas Fisik Olahraga Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1 (1), 52
Djemari, M (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Test dan Non Test. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Elly, R (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3 (4), 43 – 53
Ernawati, I (2016) Pengaruh Layanan Informasi Dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas xii Ma Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1 (1), 1-12.
Faridah, E. (2016). Mengajar Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Ide Kreatif Mengoptimalkan Aspek Pedagogis, 15 (2), 40.
Haryono, S (2016) Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3 (3), 261-274
Husdarta, J.S. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: ALFABETA
Junaedi, A. (2015). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMA, SMK, dan MA Negeri se-Kabupaten Gresik, Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3 (3), 835-836.
Mawartiningsih, L & Sholikhah, U. (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edusains, 10 (1), 2018
Oktaviani, I (2016) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Brainstorming Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X Sma Santo Michael Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas PGRI Semarang, 3 (2), 84
Pane, A. & Dasopang, M, D. (2017) Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3 (2), 337.
Rohman, F (2018) Peran Pendidik Dalam Pembinaan Disiplin Siswa Di Sekolah / Madrasah. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan. 72-94
Sugiono. (2009) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta Undang-Undang Sistem Pendidikan N asional pasal 37 UU
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
LicenseAuthors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal