Pemikiran Ibnu Miskawaih Tentang Konsep Pendidikan Karakter Akhlak
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v3i02.219Abstrak
Abstrak
Ibnu Miskawaih adalah salah seorang cendekiawan Muslim yang berkonsentrasi pada bidang filsafat akhlak. Dia lahir di Iran pada tahun 330 H/932 M dan meninggal tahun 421 H/1030 M. rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Biografi Ibnu Miskawaih? Apa saja Karya Ibnu Miskawaih? Bagaimana konsep pemikiran akhlak Ibnu Miskawaih? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan biografi Ibnu Miskawaih, Untuk Mendeskripsikan apa saja karya ibnu miskawaih, dan Bagaimana Pemikiran Ibnu Miskawaih tentang Konsep Pendidikan Kharakter-Akhlak.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ibnu Miskawaih adalah salah seorang cendekiawan Muslim yang berkonsentrasi pada bidang filsafat akhlak. Dia lahir di Iran pada tahun 330 H/932 M dan meninggal tahun 421 H/1030 M, Menurut Ibnu Miskawaih, akhlak adalah keadaan jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pertimbangan pikiran terlebih dahulu. Karakteristik pemikiran Ibnu Miskawaih dalam pendidikan akhlak secara umum dimulai dengan pembahasan tentang akhlak (karakter/watak). Menurutnya watak itu ada yang bersifat alami dan ada watak yang diperoleh melalui kebiasaan atau latihan. Dia berpikir bahwa kedua watak tersebut hakekatnya tidak alami meskipun kita lahir dengan membawa watak masing-masing, tetapi sebenarnya watak dapat diusahakan melalui pendidikan dan pengajaran.
Kata kunci: Ibnu Miskawaih, Biografi, Pemikiran
Referensi
Abdurrahman, Muhammad. 2016. Akhlak: Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia. Jakarta: Rajawali Pers.
Amin, Ahmad.1993. Al Akhlak, Terj. Farid Ma’ruf. Etika: Ilmu Akhlak . Jakarta: Bulan Bintang.
Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmadi, Abu. dan Salimi, Noor. 2004. Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Asrohah, Hanun. 1999. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
Daulay, Haidar Putra. 2004. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasionaldi Indonesia. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Daudy, Ahmad. 1986. Kuliah Filsafat Isla. Jakarta: Bulan Bintang, 1986
Ilyas, Yunahar. 1999. Kuliah Akhlaq. cetakan I. Yogyakarta: LPPI, HR. Malik no. 1723. Langgulung, Hasan. 1986.
Mahmud, Ali Abdul Halim. 2004. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani.
Madkur, Ibrahim. 1991. Filsafat Islam Metode dan Penerapan, terj. Yudian Wahyudi dan Ahmad Hakim al-Mudzakir,Jil. I, Jakarta: Rajawali, 1991
Miskawaih, Ibn. 1967. Tahzib Al Aklaq wa Tathhir A’raq, Kairo: Muassasat AlKhaniji.
Muhaimin, 2005. Kawasan dan Wawasan Studi Islam, Jakarta: Fajar Interpratama Offset.
Mustofa, A. 1997. Filsafat Islam, Bandung: Pustaka Setia,
Mustofa, A. 2004. Filsafat Islam, Bandung: Pustaka Setia.
Nasution, Harun. 1973. Falsafat dan Mistisis mendalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang.
Nata, Abuddin. 2003. Pemikiran Para Tokoh Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Masy’ari, Anwar. 2007. Akhlak Al-Qur’an. Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munawwir, Ahmad Warson. 1984. Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsaputra, Uhar. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
LisensiAuthors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal