Pemikiran Ibnu Miskawaih Tentang Konsep Pendidikan Karakter Akhlak

Penulis

  • Ujud Supriaji Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v3i02.219

Abstrak

Abstrak

Ibnu Miskawaih adalah salah seorang cendekiawan Muslim yang berkonsentrasi pada bidang filsafat akhlak. Dia lahir di Iran pada tahun 330 H/932 M dan meninggal tahun 421 H/1030 M. rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Biografi Ibnu Miskawaih? Apa saja Karya Ibnu Miskawaih? Bagaimana konsep pemikiran akhlak Ibnu Miskawaih? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan biografi Ibnu Miskawaih, Untuk Mendeskripsikan apa saja karya ibnu miskawaih, dan Bagaimana Pemikiran Ibnu Miskawaih tentang Konsep Pendidikan Kharakter-Akhlak.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ibnu Miskawaih adalah salah seorang cendekiawan Muslim yang berkonsentrasi pada bidang filsafat akhlak. Dia lahir di Iran pada tahun 330 H/932 M dan meninggal tahun 421 H/1030 M, Menurut Ibnu Miskawaih, akhlak adalah keadaan jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pertimbangan pikiran terlebih dahulu. Karakteristik pemikiran Ibnu Miskawaih dalam pendidikan akhlak secara umum dimulai dengan pembahasan tentang akhlak (karakter/watak). Menurutnya watak itu ada yang bersifat alami dan ada watak yang diperoleh melalui kebiasaan atau latihan. Dia berpikir bahwa kedua watak tersebut hakekatnya tidak alami meskipun kita lahir dengan membawa watak masing-masing, tetapi sebenarnya watak dapat diusahakan melalui pendidikan dan pengajaran.

Kata kunci: Ibnu Miskawaih, Biografi, Pemikiran

Referensi

Abdurrahman, Muhammad. 2016. Akhlak: Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia. Jakarta: Rajawali Pers.

Amin, Ahmad.1993. Al Akhlak, Terj. Farid Ma’ruf. Etika: Ilmu Akhlak . Jakarta: Bulan Bintang.

Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmadi, Abu. dan Salimi, Noor. 2004. Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrohah, Hanun. 1999. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.

Daulay, Haidar Putra. 2004. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasionaldi Indonesia. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Daudy, Ahmad. 1986. Kuliah Filsafat Isla. Jakarta: Bulan Bintang, 1986

Ilyas, Yunahar. 1999. Kuliah Akhlaq. cetakan I. Yogyakarta: LPPI, HR. Malik no. 1723. Langgulung, Hasan. 1986.

Mahmud, Ali Abdul Halim. 2004. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani.

Madkur, Ibrahim. 1991. Filsafat Islam Metode dan Penerapan, terj. Yudian Wahyudi dan Ahmad Hakim al-Mudzakir,Jil. I, Jakarta: Rajawali, 1991

Miskawaih, Ibn. 1967. Tahzib Al Aklaq wa Tathhir A’raq, Kairo: Muassasat AlKhaniji.

Muhaimin, 2005. Kawasan dan Wawasan Studi Islam, Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Mustofa, A. 1997. Filsafat Islam, Bandung: Pustaka Setia,

Mustofa, A. 2004. Filsafat Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Nasution, Harun. 1973. Falsafat dan Mistisis mendalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang.

Nata, Abuddin. 2003. Pemikiran Para Tokoh Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Masy’ari, Anwar. 2007. Akhlak Al-Qur’an. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munawwir, Ahmad Warson. 1984. Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsaputra, Uhar. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-11

Cara Mengutip

Ujud Supriaji. (2021). Pemikiran Ibnu Miskawaih Tentang Konsep Pendidikan Karakter Akhlak. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 3(02), 108–116. https://doi.org/10.53863/kst.v3i02.219