Analisis Algoritma Klasifikasi dalam Pembelajaran Sistem Informasi Geografis di Pendidikan Informatika

Penulis

  • Benediktus Kurniawan Paju Universitas Citra Bangsa, Kupang, Nusa Tenggra Timur, Indonesia
  • Diana Yanni Ariswati Fallo Universitas Citra Bangsa, Kupang, Nusa Tenggra Timur, Indonesia
  • Sergius Erdin Mowata Universitas Citra Bangsa, Kupang, Nusa Tenggra Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1676

Kata Kunci:

sistem informasi geografis, algoritma klasifikasi, pembelajaran berbasis proyek

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mendorong pemanfaatan data spasial dalam berbagai bidang, termasuk dalam duniqa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan algoritma klasifikasi dalam pmebelajaran sistem informasi geografi (SIG) di Universitas Citra Bangsa. Fokus utama terletak pada bagaimana mahasiswa memahami dan mengimplementasikan algoritma seperti K-Nearest Neighbor (K-NN), Decision Tree, dan Naive Bayes dalam konteks data spasial. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terbuka kepada 26 mahasiswa Universitas Citra Bangsa, yang mengikuiti pembelajaran SIG berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan algoritma klasifikasi dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep dasar SIG, terutama dalam pengolahan dan visualisasi data spasial. Dan juga hasil yang didapatkan dari 26 mahasiswa dengan point presentase yang berbeda-beda terhadap koesioner yang di berikan. Meskipun demikian, beberapa kendala ditemukan seperti kesulitan teknis dalam proses klasifikasi data dan rendahnya pemahaman awal terhadap konsep algoritma. Penelitian ini memberikan gambaran tentang pentingnya integrasi antara konsep algoritma dan SIG dalam proses pembelajran untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang teknologi spasial

Referensi

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Revisi). Rineka Cipta.

Braun, V., & Clarke, V. (2022). Analisis tematik: Panduan praktis (Edisi Bahasa Indonesia, diterjemahkan oleh M. Nugroho). Penerbit SAGE.

Flick, U. (2019). Pengantar penelitian kualitatif (Edisi Bahasa Indonesia, diterjemahkan oleh R. Prasetyo). Pustaka Pelajar.

Hartono, R., & Susanto, H. (2021). Pengembangan pembelajaran berbasis algoritma klasifikasi pada sistem informasi geografis. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3), 156–168. https://doi.org/10.1234/jtp.2021.233156

Kuckartz, U., & Rädiker, S. (2022). Analisis data kualitatif dengan MAXQDA (Edisi Bahasa Indonesia). Springer.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya.

Patton, M. Q. (2015). Metode penelitian dan evaluasi kualitatif (Edisi Bahasa Indonesia). Pustaka Pelajar.

Prasetyo, A. D., & Nurhayati, T. (2021). Integrating spatial data classification in project-based learning to improve students’ computational thinking. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00252-9

Rahman, A., & Yulianto, B. (2023). Analisis pengalaman mahasiswa dalam pembelajaran sistem informasi geografis menggunakan pendekatan kualitatif. Jurnal Pendidikan Informatika, 9(1), 22–34. https://doi.org/10.5678/jpi.v9i1.2023

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Widodo, E., & Prasetya, M. (2022). Hambatan pemahaman algoritma klasifikasi pada mahasiswa dalam proyek SIG. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer, 10(2), 45–53. https://doi.org/10.7890/jsik.v10i2.2022

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-24

Cara Mengutip

Paju, B. K., Fallo, D. Y. A., & Mowata, S. E. (2025). Analisis Algoritma Klasifikasi dalam Pembelajaran Sistem Informasi Geografis di Pendidikan Informatika. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 7(01), 480–488. https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1676

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.