Analisis Algoritma Klasifikasi dalam Pembelajaran Sistem Informasi Geografis di Pendidikan Informatika
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1676Kata Kunci:
sistem informasi geografis, algoritma klasifikasi, pembelajaran berbasis proyekAbstrak
Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mendorong pemanfaatan data spasial dalam berbagai bidang, termasuk dalam duniqa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan algoritma klasifikasi dalam pmebelajaran sistem informasi geografi (SIG) di Universitas Citra Bangsa. Fokus utama terletak pada bagaimana mahasiswa memahami dan mengimplementasikan algoritma seperti K-Nearest Neighbor (K-NN), Decision Tree, dan Naive Bayes dalam konteks data spasial. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terbuka kepada 26 mahasiswa Universitas Citra Bangsa, yang mengikuiti pembelajaran SIG berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan algoritma klasifikasi dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep dasar SIG, terutama dalam pengolahan dan visualisasi data spasial. Dan juga hasil yang didapatkan dari 26 mahasiswa dengan point presentase yang berbeda-beda terhadap koesioner yang di berikan. Meskipun demikian, beberapa kendala ditemukan seperti kesulitan teknis dalam proses klasifikasi data dan rendahnya pemahaman awal terhadap konsep algoritma. Penelitian ini memberikan gambaran tentang pentingnya integrasi antara konsep algoritma dan SIG dalam proses pembelajran untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang teknologi spasial
Referensi
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Revisi). Rineka Cipta.
Braun, V., & Clarke, V. (2022). Analisis tematik: Panduan praktis (Edisi Bahasa Indonesia, diterjemahkan oleh M. Nugroho). Penerbit SAGE.
Flick, U. (2019). Pengantar penelitian kualitatif (Edisi Bahasa Indonesia, diterjemahkan oleh R. Prasetyo). Pustaka Pelajar.
Hartono, R., & Susanto, H. (2021). Pengembangan pembelajaran berbasis algoritma klasifikasi pada sistem informasi geografis. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(3), 156–168. https://doi.org/10.1234/jtp.2021.233156
Kuckartz, U., & Rädiker, S. (2022). Analisis data kualitatif dengan MAXQDA (Edisi Bahasa Indonesia). Springer.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya.
Patton, M. Q. (2015). Metode penelitian dan evaluasi kualitatif (Edisi Bahasa Indonesia). Pustaka Pelajar.
Prasetyo, A. D., & Nurhayati, T. (2021). Integrating spatial data classification in project-based learning to improve students’ computational thinking. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00252-9
Rahman, A., & Yulianto, B. (2023). Analisis pengalaman mahasiswa dalam pembelajaran sistem informasi geografis menggunakan pendekatan kualitatif. Jurnal Pendidikan Informatika, 9(1), 22–34. https://doi.org/10.5678/jpi.v9i1.2023
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Widodo, E., & Prasetya, M. (2022). Hambatan pemahaman algoritma klasifikasi pada mahasiswa dalam proyek SIG. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer, 10(2), 45–53. https://doi.org/10.7890/jsik.v10i2.2022
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Benediktus Kurniawan Paju, Diana Yanni Ariswati Fallo, Sergius Erdin Mowata

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal
















