Studi Perencanaan Angkutan Umum dalam Kampus (Studi Kasus: Universitas Brawijaya)
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1571Kata Kunci:
Mobilitas kampus, pergerakan internal, sistem angkutan umum, transportasi berkelanjutanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem angkutan umum yang efektif dan berkelanjutan di Universitas Brawijaya, guna menciptakan lingkungan kampus yang nyaman dan efisien. Dalam penelitian ini, faktor-faktor seperti kebutuhan pengguna, karakteristik fisik dan sosial kawasan kampus serta prinsip transportasi berkelanjutan dipertimbangkan secara mendalam. metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan data lapangan yang diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan wawancara, serta pendekatan rasional yang mengacu pada pedoman dan model transportasi empat tahap. Penelitian ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan mobilitas internal, mendukung pengembangan kampus yang ramah lingkungan, dan menjadi dasar bagi kebijakan dan perencanaan transportasi yang lebih baik di masa depan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pergerakan internal warga kampus, yaitu mahasiswa, dosen dan staf akademik, cenderung bersifat satu arah, yaitu dari pintu masuk menuju lokasi kegiatan dan kembali lagi. Pergerakan antar lokasi kegiatan seperti antar fakultas jarang terjadi. Survei pergerakan di kampus menghasilkan desire line yang mengarah pada tiga rute alternatif yang dapat melayani seluruh zona permintaan pengguna di kawasan kampus UB. Berdasarkan perhitungan, dibutuhkan 28 armada dengan kapasitas 14 penumpang per armada pada jam sibuk untuk melayani seluruh rute angkutan dalam kampus. Rute yang diusulkan telah menjangkau seluruh kawasan kampus dengan jangkauan maksimal 200 meter, sehingga warga kampus tidak perlu berjalan lebih jauh dari 200meter untuk sampai ke shelter angkutan umum
Referensi
Alba, I., & Susilo, Y. O. (2017). Studi Kelayakan Transportasi: Konsep, Perhitungan dan Analisis. Penerbit Andi.
Direktorat Perencanaan dan Pengembangan UB (2023). Profil Universitas Brawijaya dan Data Fasilitas Kampus. Universitas Brawijaya.
Kementerian Pekerjaan Umum. (2014). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum
Nur, N. K., Rangan, P. R., Mahyuddin, Halim, H., Tumpu, M., Sugiyanto, G., Radjawane, L. E., Ahmad, S. N., & Rosyida, E. E. (2021). Sistem Transportasi. Yayasan Kita Menulis.
Rahma, S., Wijayanti, G. M., & Saraswati, Z. F. (2021). Kajian Kebutuhan Angkutan Layanan Pergerakan Internal Kampus Institut Teknologi Sumatera. Fropil, 9(1), 1 - 10. https://doi.org/10.33019/fropil.v9i1.2298
Rizki, A. H. (2018). Analisis Kebutuhan Angkutan Umum Rute Bandara-Kenten, Palembang. (Laporan skripsi, Universitas Sriwijaya, Fakultas Teknik, Jurusan teknik Sipil). Universitas Sriwijaya.
Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB.
Widayanti, F. R., & Mahardi, P. (Tahun). Analisis Kebutuhan Sarana Penghubung Kampus Universitas Negeri Surabaya Berdasarkan Persepsi Pengguna (Tenaga Pendidik dan Mahasiswa). IJOCET: Indonesian Journal of Civil Engineering and Technology, 8-13.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Putri Dwi Kinanti Djahamouw, Desri M. Hale Kore

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal