Efektivitas Penggunaan Aplikasi Examview di SMA PGRI 2 Sampit
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v6i02.1380Kata Kunci:
Aplikasi, Efektivitas, ExamView.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan aplikasi ExamView dalam proses evaluasi pembelajaran di SMA PGRI 2 Sampit. ExamView merupakan aplikasi yang dirancang untuk mempermudah guru dalam membuat soal ujian, mempercepat proses koreksi, dan memberikan analisis hasil yang mendalam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 17 guru dan 236 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ExamView secara umum efektif dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas evaluasi pembelajaran. Sekitar 14 guru melaporkan kemudahan dalam pembuatan soal dan percepatan koreksi, sementara 177 siswa merasa ujian lebih terstruktur dan motivasi meningkat. Meskipun demikian, terdapat tantangan terkait dengan peningkatan kompetensi teknologi guru dan masalah infrastruktur, seperti koneksi internet yang tidak stabil. Dengan perbaikan di area ini, aplikasi ExamView memiliki potensi untuk memberikan dampak yang lebih signifikan dalam mendukung proses evaluasi pembelajaran di SMA PGRI 2 Sampit. Penelitian ini menyarankan perlunya pelatihan tambahan untuk guru dan peningkatan fasilitas teknis untuk memaksimalkan manfaat dari penggunaan teknologi dalam pendidikan
Referensi
Fitri, W. A., & Dilia, M. H. H. (2024). Optimalisasi Teknologi AI Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(11), Article 11. https://doi.org/10.9644/sindoro.v5i11.4829
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter di Sekolah: Revitalisasi Peran Sekolah dalam Menyiapkan Generasi Bangsa Berkarakter. Samudra Biru.
Lesmana, G. (2022). Bimbingan Dan Konseling Belajar. Prenada Media.
Manan, A. (2023). Pendidikan Islam dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni dalam Era Digital. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), Article 1.
Nazika, A. (2021). Penggunaan Learning Management System (LMS) Moodel pada Konsep Sistem Pencernaan di SMA Huffadz Darul Munir Bekasi [bachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59297
Nikmah, R. R. (2018). Bimbingan Konseling Berbasis Evaluasi & Supervisi: Trik Cerdas Merubah Sifat dan Kebiasaan Siswa Menjadi Siswa Berprestasi. Araska Publisher.
Rindawan, R., Irmansyah, J., Kurniawan, E., Yusuf, R., & Suriatno, A. (2024). Penguatan Kapasitas Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Praya Barat Daya. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 6(3), Article 3. https://doi.org/10.36312/sasambo.v6i3.2043
Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., Asry, W., Arsana, I. N. A., Chaniago, G. G., Wibowo, S. E., Anggara, I. G. A. S., & Gunawan, I. G. D. (2023). Pendidikan Multimedia: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sigalingging, R. (2022). Guru Penggerak dalam Paradigma Pembelajaran Kurikulum Merdeka. TATA AKBAR.
Sudarso, S., -, D. S., & -, D. S. N. (2020). Kontribusi Kerjasama Lembaga Bimbingan Belajar, Kompetensi Guru, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar [S2, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://doi.org/10/10.%20LAMPIRAN.pdf
Syaifudin, M. (2023). Mendesain pembelajaran daring: Berkaca dari revolusi integrasi teknologi dalam pendidikan di Indonesia. Edulitera. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3251/
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Yatimah, D., Ansori, A., Hermawan, Y., Alhadihaq, M. Y., Erlangga, E., Putri, P. K., Lestari, R. D., Suhendi, H. Y., Laksono, B. A., Novianti, S., Estherlita, T., Rohaeti, P., Juniani, A., Nursanti, E. A., Indra, E. S., Setyaningsih, R., & Alviansyah, M. R. (2024). Pemanfaatan Platform Digital Untuk Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bayfa Cendekia Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ahmad Muhajir, Atin Supriatin, Bambang Supriyadi, Fathurrahman Fathurrahman, Fauzannur Fauzannur
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal