Pengaruh Strategi Pikir Plus menggunakan Metode Outdoor Study terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas VIII SMP Darul Hikam

Penulis

  • Siti Mualifah Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Kebumen, Indonesia
  • Rasyid Zuhdi Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Kebumen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1152

Kata Kunci:

menulis puisi, strategi pikir plus, outdoor study

Abstrak

Kemampuan menulis yaitu salah satu keterampilan yang wajib dikuasai siswa kelas VIII pada pembelajaran bahasa Indonesia. Kemampuan siswa dalam menguasai kosakata dan ejaan kata yang digunakannya untuk mengungkapkan idenya sangat penting dalam menulis puisi. Berdasarkan hasil Observasi pada SMP Darul Hikam, menunjukkan masih adanya hambatan siswa dalam menulis puisi di kelas sehingga membuat siswa merasa kurang efektif dalam mengungkapkan ide dan objeknya. Selain itu, guru masih menggunakan metode pembelajaran bahasa Indonesia tradisional dengan pendekatan yang terkait pada guru dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Keterampilan seorang guru yang tepat dalam memilih strategi dan metode pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Metode dan strategi pembelajaran yang menaikkan kemampuan menulis puisi siswa adalah Strategi Pikir Plus dengan Metode Outdoor Study. Penelitian ini bertujuan untuk mendapati serta memaparkan dampak berpikir dan strategi menggunakan metode outdoor study pada siswa kelas VIII Smp Darul Hikam Kuwarasan tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah metode eksperimen dengan desain one group pretest and posttest. Sampel dalam penelitian ini terbentuk dari 24 siswa. Pengujian normalitas dan homogenitas menggunakan aplikasi SPSS menggambarkan nilai signifikansi Sig. 0,571 > 0,05 dan 0,412 > 0,05 menggambarkan bahwa kelas tersebut terdistribusi normal dan homogen. Data hasil belajar diuraikan dengan memakai uji beda berpasangan (paired sample t-test) dengan taraf kepercayaan 5%. Berdasarkan hasil uji SPSS diperoleh nilai signifikansi Sig (two-tailed) 0,032 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa strategi pikir plus dengan metode outdoor study mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kenaikkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Darul Hikam Kuwarasan tahun pelajaran 2023/2024.

Referensi

Ya, Fachrudin Ambo. 1988. Dasar - Dasar Keterampilan Menulis. (online), https://library.umbogorraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1385&keywords= di akses pada 20 februari 2024.

Wikanengsih, W. 2018. “Menerapkan Neurolinguistic Programming (NLP) dalam Pembelajaran”. Journal.ikipsiliwangi.ac.id pertama kali diindeks oleh Google pada Januari 2018. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/ di akses pada selasa 21 November 2023.

Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (outdoor study). Yogyakarta: DIVA press.

Sukirno. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelaja, 2016. https://repository.unpas.ac.id/60869/5/BAB%20II.pdf di akses pada 16 Januari 2024.

Budiman, Arif. 2019. outdoor study tingkat keterampilan menulis puisi. Jatengpos.coid.

Suryadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Waluyo, H.J. 2010. Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press.

Toyidin. 2013. Sastra Indonesia Prosa Drama. Subang: In Pustaka Bintang.

Djahmarah., Bahri Syaiful., Aswan, Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar. (online), https://sg.docworkspace.com/d/sIF_lpYTgAdrL1bIG?sa=cl di akses pada 18 februari 2024.

Arianto, S. 2010. Peningkatan Menulis Puisi Dan Kreativitas Belajar Siswa SMP Melalui Pendekatan Example Non Exsample. (online), https://sg.docworkspace.com/d/sIL3lpYTgAdHh1bIG?sa=cl di akses pada sabtu 21 februari 2024.

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Ancangan Strategis Membaca Metode Pembelajaran Yang Menyenangkan, Inovatif, Dan Menantang. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Prasetyo, Budi. 2007. Peningkatan pembelajaran menulis puisi dengan Strategi pikir plus. (online), http:// jurnal lpi.wordspress.com /kategory/imp/page 12/ diunduh pada 23 Desember 2024.

Hamdan.,Asnimar., Umar. 2017. Pengaruh Model Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 25 Indramayu. Journal Universitas Sriwijaya.

Ismawati, R.., Nuraeni, S., Nugraha, V. 2019. Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Outdoor Study Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Katapang. Journal parole, vol.2, no. 5.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2016. “ Keefektifan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Dengan Strategi Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika “ jurnal hipotenusa, (online). Vol. 1, No. 1, https://sg.docworkspace.com/d/sINjlpYTgAe3Y3LIG?sa=cl di akses pada 24 Desember 2023.

Hake, R. R. 2005. “Analyzi g Cha-nge/Gain Scores”. (Online),. (www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf) diakses pada selasa 20 februari 2024.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-08

Cara Mengutip

Mualifah, S., & Zuhdi, R. (2024). Pengaruh Strategi Pikir Plus menggunakan Metode Outdoor Study terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas VIII SMP Darul Hikam. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 6(01), 350–358. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1152