Analisis Usability pada Aplikasi Siakad Gofeeder STP Reinha Larantuka Menggunakan Metode User Experience
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1114Kata Kunci:
Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka, Usability, User ExperienceAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan penemuan Gofeeder menggunakan metode User Experience (UX), serta memberikan rekomendasi perbaikan sistem tersebut berdasarkan atas hasil penelitian. Ada beberapa aspek yang di kaji dalam penelitian ini yaitu effectiviness (efektivitas), efficiency (efisiensi), dan kepuasan pengguna (satisfaction) menggunakan Gofeeder Sekolah Tinggi Pastoral Renha Rosari Larantuka di tinjau dari pengguna mahasiswa.(Heimgärtner, 2014) Analisis Usability pada sistem informasi sangat penting di lakukan untuk menghasilkan sistem yang mudah, efektif, efisien, dan tepat guna bagi penggunanya. Untuk menciptakan sistem informasi akademik perluh memperhatikan aspek Usability sebagai kunci keberhasilan dan syarat penerimaan pengguna terhadap aplikasi tersebut. Pengujian Usability bertujuan untuk menentukan apakah sebuah aplikasi sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna atau belum (User Experience). Pada penelitian ini di lakukan pengujian Usability pada Sekolah Tinggi Pastoral Renha Rosari Larantuka dengan menggunakan metode wawancara. Metode wawancara di lakukan untuk mengukur User E xperience sehingga dapat diketahui opini pengguna terhadap Gofeeder. Pada tahap ini peneliti mengukur tingkat Usability dengan 3 aspek yakni aspek efektivitas (effectiviness), aspek efisiensi (efficiency), dan aspek kepuasan pengguna (satisfaction) dengan menyebarkan kuesioner google form kepada 82 responen untuk mengetahui tingkat kepuasan sistem informasi web pada Civitas STP Reinha Larantuka. Hasil pengukuran usability nilai skor persentase keseluruhan sebesar 84,16%, pada tabel kategori kelayakan masuk dalam interval 80 sampai 100, sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa hasil dari pengukuran Usability pada Website STP Reinha Larantuka memiliki nilai “Sangat Bermanfaat”.
Referensi
Fernanda, R. G., Suryadi, E., & Ali M, S. (2022). Pengukuran Usability Aplikasi Zoom Meeting Sebagai Media E-Learning Menggunakan Use Questionnaire. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(1), 276–287. https://doi.org/10.32806/jkpi.v3i1.99
Gunawan, V. (2020). Gunawan, V. (2020). 1. APLIKASI INVENTORY BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DENGAN WEB SERVICE REST API (Doctoral dissertation, Universitas Buddhi Dharma). http://repositori.buddhidharma.ac.id/id/eprint/542
Hamim, T., Benabbou, F., & Sael, N. (2022). Student profile modeling using boosting algorithms. International Journal of Web-Based Learning and Teaching Technologies, 17(5), 1–13. https://doi.org/10.4018/IJWLTT.20220901.oa4
Heimgärtner, R. (2014). ISO 9241-210 and Culture? - The impact of culture on the standard usability engineering process. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 8520 LNCS(PART 4), 39–48. https://doi.org/10.1007/978-3-319-07638-6_5
Ibnurozi, A. A. J., Santi, R., & Gunawan, C. E. (2020). Analisis Pengukuran Usability Pada Situs Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan Dengan Menggunakan Metode Webuse. Journal of Information Technology Ampera, 1(2), 119–132. https://doi.org/10.51519/journalita.volume1.isssue2.year2020.page119-132
Kujala, S., Roto, V., Väänänen-Vainio-Mattila, K., Karapanos, E., & Sinnelä, A. (2011). UX Curve: A method for evaluating long-term user experience. Interacting with Computers, 23(5), 473–483. https://doi.org/10.1016/j.intcom.2011.06.005
lian. (2023). No ????????????????????? ?????????????????Title. 5(10), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Manolita, R., Murahartawaty, M., & Hanafi, R. (2016). Perancangan Business Architecture Untuk Fungsi Akademik Pada Institut Xyz Menggunakan Framework Togaf Adm Studi Kasus Sistem Informasi Akademik (Siakad). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 3(01), 33. https://doi.org/10.25124/jrsi.v3i01.39
Miguéis, V. L., Freitas, A., Garcia, P. J. V., & Silva, A. (2018). Early segmentation of students according to their academic performance: A predictive modelling approach. Decision Support Systems, 115, 36–51. https://doi.org/10.1016/j.dss.2018.09.001
Nawir, F., & Wira, A. R. A. (2021). Evaluasi Tingkat Usabilitas Web Mobile Perguruan Tinggi Negeri Menggunakan Metode Usability Testing. Journal of Natural Science and Technology ADPERTISI, 1(1), 16–24.
Santoso, J. (2018). Usability User Interface dan User Experience Media Pembelajaran Kamus Kolok Bengkala Berbasis Android. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 12(2), 174–181.
Skarpathiotaki, C. G., & Psannis, K. E. (2022). Cross-Industry Process Standardization for Text Analytics. Big Data Research, 27(2), 100274. https://doi.org/10.1016/j.bdr.2021.100274
Suhanda, Y., Kurniati, I., & Norma, S. (2020). Penerapan Metode Crisp-DM dengan Algoritma K-Means Clustering Untuk Segmentasi Mahasiswa Berdasarkan Kualitas Akademik. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer MH Thamrin, 6(2), 12–20.
Velásquez, D. (2018). No ????????????????????? ?????????????????Title. New England Journal of Medicine, 372(2), 2499–2508. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931
Wardhanie, A. P., & Rahmawati, E. (2022). Pengenalan dan Penerapan User Interface and User Experience Design for Beginners. Batara Wisnu?: Indonesian Journal of Community Services, 2(3), 536–544. https://doi.org/10.53363/bw.v2i3.129
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Bernadete Deta,Nobertus Pati Sekosi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal