Teknik Desain User Interface dengan Wareframing untuk Rancangan Layout Website Perpustakaan Online Menggunakan Figma
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1092Kata Kunci:
Desain, Interface, User Interface, User Experience, Wareframe, Prototype, FigmaAbstrak
Perkembangan teknologi pada zaman sekarang ini semakin hari semakin berkembang, penting bagi instansi untuk memahami user experience (UX), dan user interface (UI) guna menunjang peningkatan kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini, peneliti merancang wareframe desain user Interface (UI), prototype rancangan sistem Perpustakaan online berbasis web dengan menggunakan Figma, yang bertujuan untuk menghasilkan konsep alur dalam rancangan wareframe desain yang menarik dan menerapkan hasil desain ke dalam prototype. Focus penelitian adalah merancang tampilan user interface website dengan melihat kebutuhan pengguna. Metode yang dipakai dalam perancangan User Interface (UI) menggunakan metode User Centered Desain agar mendapatkan tampilan antarmuka system yang diinginkan dapat tercapai. Hasil penelitian adalah perancangan wareframing user interface website Perpustakaan Online menggunakan figma dengan pendekatan User Centered Desain dapat membantu menemukan solusi sesuai kebutuhan target pengguna. Berdasarkan hasil pengujian menunjukan bahwa dengan pendekatan User Centered Desain website sudah berhasil membantu membuat tampilan antarmuka website Perpustakaan Online secara informatif, interaktif dan komunikatif sesuai kebutuhan target pengguna.
Referensi
A.P.J.I.I. (2017). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia. Http://www.apjii.go.id. Diakses, 06(53).
Ariawan, M. D., Triayudi, A., & Sholihati, I. D. (2020). Perancangan User Interface Design dan User Experience Mobile Responsive Pada Website Perusahaan. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 161.
Budhiluhoer, M. (2018). Konsep Wireframe Pada Website.
Chandra, Angela, & Wenas, M. B. (2019). Perancangan Desain Website Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta Dengan Pendekatan User Centered Design. Universitas Kristen Satya Wacana.
Frendiana, V., & Widhiantoro, D. (2020). Desain UI dan UX pada Aplikasi Android Coronavirus Disease 2019 (COVID-19. J. Comput. Sci. Vis. Commun. Des, 5(2), 85-93.
Norman, N. (2021, August 2). Nielsen Norman Group Design Thinking 101. https://www.nngroup.com/articles/design-thinking
Robinson, J. A., R, N., T, K., & etc. (2021). User-Centred Design of a Final Results Report for Participants in Multi-Sensor Personal Air Pollution Exposure Monitoring Campaigns. International Journal of Environmental Research and Public Health. https://doi.org/10.3390/ijerph182312544
Yastin, D. N., Suseno, H. B., & Arifin, V. (2022). Evaluasi dan Perbaikan Desain User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Pada Aplikasi Mobile Siaran Tangsel Menggunakan Metode Goal Direct Design. Jurnal Teknik Informatika, 13(12), 157.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Anisa Lutfiyani,Riyan Jaya Sumantri,Tri Anggoro

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal