Pengaruh Asisten Virtual Berbasis Artificial Intelligence Terhadap Integritas Sertifikasi Kompetensi Pemrograman secara Online
DOI:
https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1052Kata Kunci:
Virtual Assistant; ChatGPT (GPT-4); Certification Integrity; Programming Certification; Online ExamAbstrak
Penggunaan asisten virtual berbasis Artificial Intelligence (AI) telah menunjukkan dampak yang signifikan dalam berbagai sektor, khususnya pendidikan. Kehadiran asisten virtual berbasis AI yang mampu menjawab pertanyaan dari berbagai topik menciptakan peluang dan tantangan baru terutama terkait ujian dan penilaian. Penelitian ini meneliti dampak penggunaan asisten virtual berbasis AI, khususnya ChatGPT (GPT-4), terhadap integritas sertifikasi kompetensi pemrograman yang dilakukan secara online. Melalui eksperimen lapangan, penulis mengikuti tiga sertifikasi kompetensi pemrograman secara online terkait “Python Fundamentals for Beginners”, “Java Programming”, dan “Android Application Development” serta menggunakan ChatGPT (GPT-4) untuk menjawab semua soal ujian. Hasil ujian menunjukkan bahwa GPT-4 berhasil menjawab 9 dari 10 soal yang diberikan pada tiga sertifikasi kompetensi pemrograman yang diikuti dan dinyatakan lulus ujian, hal ini menimbulkan pertanyaan serius tentang validitas sertifikat yang diperoleh melalui sertifikasi kompetensi yang dilakukan secara online. Penelitian ini mengungkapkan bahwa perlu adanya metode ujian yang lebih efektif dalam menilai kemampuan sesungguhnya dari peserta sertifikasi, seperti ujian berbasis proyek, ujian menggunakan soal dalam bentuk video, dan ujian berbasis wawancara. Metode ujian ini tidak hanya akan meningkatkan kredibilitas sertifikasi kompetensi pemrograman secara online, tetapi juga memastikan bahwa peserta yang lulus sertifikasi memang memiliki keahlian terkait bidang yang diujikan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dampak asisten virtual berbasis AI dalam berbagai konteks pendidikan khususnya pada sertifikasi kompetensi secara online.
Referensi
Ahsan, M. M. T., Rahaman, Md. S., & Anjum, N. (2023). From ChatGPT-3 to GPT-4: A Significant Leap in AI-Driven NLP Tools. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.4404397
Arora, S., Athavale, V. A., Himanshu Maggu, & Agarwal, A. (2021). Artificial Intelligence and Virtual Assistant—Working Model (hlm. 163–171). https://doi.org/10.1007/978-981-15-7130-5_12
Bordt, S., & von Luxburg, U. (2023). ChatGPT Participates in a Computer Science Exam. https://doi.org/10.48550/arXiv.2303.09461
de Winter, J. C. F. (2023). Can ChatGPT Pass High School Exams on English Language Comprehension? International Journal of Artificial Intelligence in Education. https://doi.org/10.1007/s40593-023-00372-z
Great Learning. (t.t.). About Us: Great Learning. Diakses pada 20 November 2023 dari https://www.mygreatlearning.com/about-us.
Khairatun Hisan, U., & Miftahul Amri, M. (2023). ChatGPT and Medical Education: A Double-Edged Sword. Journal of Pedagogy and Education Science, 2(01), 71–89. https://doi.org/10.56741/jpes.v2i01.302
King, M. R. (2023). The Future of AI in Medicine: A Perspective from a Chatbot. Annals of Biomedical Engineering, 51(2), 291–295. https://doi.org/10.1007/s10439-022-03121-w
Kirmani, A. R. (2023). Artificial Intelligence-Enabled Science Poetry. ACS Energy Letters, 8(1), 574–576. https://doi.org/10.1021/acsenergylett.2c02758
Leiter, C., Zhang, R., Chen, Y., Belouadi, J., Larionov, D., Fresen, V., & Eger, S. (2023). ChatGPT: A Meta-Analysis after 2.5 Months. https://doi.org/10.48550/arXiv.2302.13795
Lewandowski, M., ?ukowicz, P., ?wietlik, D., & Bara?ska-Rybak, W. (2023). ChatGPT-3.5 and ChatGPT-4 dermatological knowledge level based on the Specialty Certificate Examination in Dermatology. Clinical and Experimental Dermatology. https://doi.org/10.1093/ced/llad255
Mina, P. N. R., Solon, I. M., Sanchez, F. R., Delante, T. K., Villegas, J. K., Basay, F. J., Andales, J., Pasko, F., Estrera, M. F. R., Samson Jr., R., & Mutya, R. (2023). Leveraging Education through Artificial Intelligence Virtual Assistance: A Case Study of Visually Impaired Learners. International Journal of Educational Innovation and Research, 2(1), 10–22. https://doi.org/10.31949/ijeir.v2i1.3001
Nugraheni, B. L. Y., Chrismastuti, A. A., & Sitinjak, E. L. M. (2021). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Dengan Berbagai Paradigma Penelitian. Universitas Katolik Soegijapranata.
Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(02), 473–486. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.975
OpenAI, :, Achiam, J., Adler, S., Agarwal, S., Ahmad, L., Akkaya, I., Aleman, F. L., Almeida, D., Altenschmidt, J., Altman, S., Anadkat, S., Avila, R., Babuschkin, I., Balaji, S., Balcom, V., Baltescu, P., Bao, H., Bavarian, M., … Zoph, B. (2023). GPT-4 Technical Report. https://doi.org/10.48550/arXiv.2303.08774
Prawiyogi, A. G., & Toyibah, R. A. (2020). Strategi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Model Sertifikasi Kompetensi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(1), 78–86. https://doi.org/10.34306/abdi.v1i1.103
Rahman, Md. M., & Watanobe, Y. (2023). ChatGPT for Education and Research: Opportunities, Threats, and Strategies. Applied Sciences, 13(9), 5783. https://doi.org/10.3390/app13095783
Rudolph, J., Tan, S., & Tan, S. (2023). ChatGPT: Bullshit spewer or the end of traditional assessments in higher education? Journal of Applied Learning & Teaching, 6(1). https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.9
Skalidis, I., Cagnina, A., Luangphiphat, W., Mahendiran, T., Muller, O., Abbe, E., & Fournier, S. (2023). ChatGPT takes on the European Exam in Core Cardiology: an artificial intelligence success story? European Heart Journal - Digital Health, 4(3), 279–281. https://doi.org/10.1093/ehjdh/ztad029
Šlapeta, J. (2023). Are ChatGPT and other pretrained language models good parasitologists? Trends in Parasitology, 39(5), 314–316. https://doi.org/10.1016/j.pt.2023.02.006
Sobania, D., Briesch, M., Hanna, C., & Petke, J. (2023). An Analysis of the Automatic Bug Fixing Performance of ChatGPT. https://doi.org/10.48550/arXiv.2301.08653
Sudrajat, D., Permatasari, R. D., Wijaya, I. M. S., Setyawan, A. E., & Rahayu, N. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(02), 590–598. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.999
Susnjak, T. (2022). ChatGPT: The End of Online Exam Integrity? https://doi.org/10.48550/arXiv.2212.09292
Takagi, S., Watari, T., Erabi, A., & Sakaguchi, K. (2023). Performance of GPT-3.5 and GPT-4 on the Japanese Medical Licensing Examination: Comparison Study. JMIR Medical Education, 9, e48002. https://doi.org/10.2196/48002
Ventayen, R. J. M. (2023). ChatGPT by OpenAI: Students’ Viewpoint on Cheating using Artificial Intelligence-Based Application. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.4361548
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Imam Pujiono,Eko Hari Rachmawanto,Fida Maisa Hana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal