Aplikasi Marketing Event bagi UMKM Berbasis Android

Penulis

  • Azizah Azizah Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
  • Jumi Jumi Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
  • Bayu Setyo Nugroho Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
  • Sri Marhaeni S Politeknik Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1563

Kata Kunci:

UMKM, aplikasi, Android, promosi

Abstrak

Mengakses informasi mengenai adanya marketing event, UMKM harus mencari melalui internet. Mencari di internet tentunya harus jeli dan sabar dalam menemukan marketing event yang dikehendaki, seperti mencari pameran/bazar yang dekat dengan lokasi UMKM sehingga mudah dijangkau dan tidak membutuhkan banyak biaya transportasi, mencari workshop dengan topik tertentu , mencari pameran/bazar yang sesuai dengan produk yang dijual, dan sebagainya. Berbagai kriteria pencarian inilah yang butuh usaha ekstra bagi UMKM untuk mencarinya. Informasi mengenai marketing event yang didapatkan melalui internet juga belum tentu akurat, karena saat ini semakin marak penipuan kepada khalayak seputar pengadaan bazar di perkantoran, mall dan tempat keramaian. Mempermudah bagi UMKM dan pihak penyelenggara marketing event dalam mencari ataupun memberikan informasi terkait suatu event maka diperlukan sebuah aplikasi berbasis android yang mudah diunduh dan diakses untuk memfasilitasinya. Aplikasi ini berisi database marketing event yang didapatkan dari berbagai meida dan telah dicek terlebih dahulu untuk memastikan kebenarannya sehingga meminimalisasi UMKM dari penipuan berkedok marketing event. Aplikasi ini mempunyai fitur pencarian lokasi marketing event dengan menggunakan Haversine formula dan pencarian data marketing event sesuai kata kunci yang dimasukkan user, seperti mencari workshop dengan topik tertentu, dengan metode Boyer Moore. Aplikasi marketing event memberikan manfaat keda para pelaku UMKM dengan memberikan berbagai informasi seputar kegiatan pameran atau bazaar yang akan diselenggarakan sehingga mendorong UMKM untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Keaktifan pelaku UMKM dalam berbagai marketing event diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan memperluas relasi UMKM yang akan memberikan iklim positif di dunia usaha

Referensi

Akbari, D., Nurlenawati, N., & Anggela, F. P. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Pelaku Umkm Karawang (Kasus Pada Peserta Umkm Juara). Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi, 1(2).

A. N. Fazari, Ramadiani, and H. R. Hatta. 2020. Pencarian Jarak Terdekat Dokter Praktek Menggunakan Metode Haversine. Pros. Semin. Nas. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 1. 7–12. Samarinda. Indonesia.

Auliya, S.P. 2021. Event marketing sebagai Strategi Peningkatan Volume Penjualan Kayn Label. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol 9. No 2. 130-148.

Belch, George E. dan Michael A Belch. 2012. Advertising and PromotionL An Integrated Marketing Communications Perspective 6thed. McGraw-Hill Inc. New York.

Dhae, Axelle. 2018. https://theeast.co.id/2018/05/18/21-ukm-jadi-korban-penipuan-pameran-di-acara-iso-copolco/. Diakses 15 Februari 2023.

Faqih, Y., Rahmanto, Y., Aldino, A., Waluyo, B. Penerapan String Matching Menggunakan Algoritma Boyer-Moore Pada Pengembangan Sistem Pencarian Buku Online. 2022. Bulletin Of Computer Science Research. Vol 2, No 3. .100−106.

J. Sulistio. 2019. Implementasi metode haversine formula dalam aplikasi untuk menentukan lokasi emergency service terdekat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Univiversitas Teknologi Yogyakarta.

Kemenkop UMKM. 2022. https://kemenkopukm.go.id/dataumkm/?L3x5kRDCe72zmL44 Zyb9hl6Y8v7bo4GOkGJsIOhdBTpAndqMgG. Diakses 16 Februri 2023.

Kotler, Philip dan Armstrong. 2016. Priciple of Marketing, 16th edition. Pearson Education. Essex.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th ed. Pearson Education. Essex.

Malau, Herman. 2017. Manjemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Alfabeta. Bandung.

Maro‘ah, S. 2013. Implementasi Program Kemitraan PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Bisnis Bagi Pengusaha Kecil. Disertasi. Program Studi Pendidikan Ekonomi .Pascasarjana .Universitas Negeri Malang

Martaon, Anggi Tondi. 2022. https://www.medcom.id/nasional/metro/yNLOx81K-nasdem-siapkan-bantuan-hukum-korban-penipuan-bazar-umkm-di-jcc. Diakses 15 Februari 2023.

Nova, Anjar. 2012. Analisis Harga dan Produk pada Penjualan. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Riswanto, A. 2019. Pengaruh Workshop dan Pelatihan “Marketing Capabilities” dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM. Edusentris. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 6 No.3, 162-169.

Schreiber, Alfred L. 1994. Life Style and Event Marketing. Prentice Hall International. New Jersey.

Shahadan, F., Berma, M. 2005. SMEs Competitiveness: Analysis of R & D and Firm Innovation, Simposium “Indonesia dan Malaysia dalam Era Globalisasi & Desentralisasi : Mewujudkan Kemakmuran Bersama”. Simposium Kebudayaan Indonesia-Malaysia IX. 10-12 May 2005. Universitas Padjadjaran Bandung, Indonesia.

S. N. Anwar, I. Nugroho, and E. Supriyanto. 2015. “Model Rute dan Peta Interaktif Posyandu di Kota Semarang Menggunakan Geolocation dan Haversine Berbasis Mobile Android,” Pros. Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu Call Pap. UNISBANK. 2011, Semarang, Indonesia. 978–979.

Sneat, Julie, dan Zachary Finney. 2008. An IMC Approach to Event marketing The Effect of Sponsorshop and Experience on Customer Attitude. Journal of Advertising. Vol 32. 373-381.

Sulla, Andre. 2022. https://radarbali.jawapos.com/hukum-kriminal/05/12/2022/duh-belasan-pelaku-umkm-ditipu-pameran-di-turki-dan-tiongkok-akan-melapor-ke-polda/. Diakses 15 Februari 2023

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-21

Cara Mengutip

Azizah, A., Jumi, J., Nugroho, B. S., & S, S. M. (2025). Aplikasi Marketing Event bagi UMKM Berbasis Android. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 7(01), 455–467. https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1563

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.