The Analysis of Learning Listening Difficulties Toward English Education Study Program Students at University of Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen in the Academic Year 2019/2020

Authors

  • Alek Andika University of Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Alya Indah Sari Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.53863/ejou.v1i01.115

Keywords:

Listening, Kesulitan, Kualitatif, Analisis, Difficulties, Qualitative, Analysis, The Analysis of Learning Listening Difficulties Toward English Education Study Program Students at University of Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen in the Academic Year 2019/2020

Abstract

Abstrak

 

Listening adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai dalam belajar bahasa Inggris. Bagaimanapun, belajar Listening sangat penting karena dapat membantu membangun pondasi untuk belajar keterampilan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan kesulitan belajar Listening  yang paling sering dihadapi mahasiswa di Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen. Penelitian ini dilakukan di Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam bentuk gambar dan kata. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mendapatkan pelajaran Listening dan terdaftar sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: terdapat lima permasalahan yang menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam belajar dan melakukan Listening. (1) Speakers berbicara terlalu cepat. (2) Keterbatasan kosa kata yang dimiliki siswa dalam aktivitas atau latihan Listening, menyebabkan siswa sulit menangkap kata-kata dengan jelas dalam pelajaran Listening. (3) Kurang konsentrasi dalam Listening. (4) mahasiswa merasa audio speaker tidak jelas. (5) sedikitnya waktu untuk belajar dan praktek Listening.

Kata Kunci : Listening, Kesulitan, Kualitatif, Analisis

References

References

Dirven, R., & Oakeshott-Taylor, J. (1984). Listening comprehension (Part I). The International Abstracting Journal for Language Teachers and Applied Linguistics,17(4),326-343retrievedfrom http://dx.doi.org/10.1017/S026144480001082X

Gilakjani, A, P. & Sabouri, N, B. (2016). Learners’ Listening Comprehension Difficulties in English Language Learning: A Literature Review. Canadian Center of Science and Education. Retrieved from http://dx.doi.org/10.5539/elt.v9n6p123

_____A Study of Factors Affecting EFL Learners' English Listening Comprehension and the Strategies for Improvement. Journal of Language Teaching and Research, Vol. 2, No. 5

Granahan, J. (2020). A 5-Step Method to Improve Your Listening Skills. Retrieved from https://www.fluentin3months.com/improve-your-listening-skills/ accessed on July 8th 2020

Hermawan. Herry. (2012). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berkomunikasi Yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Albi, A & Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak. 245

KBBI Dictionary. 2020. “definition of Students”. KBBI Retrieved from https://kbbi.web.id/siswa accessed on June 15th 2020

Maulida, R. (2018). An Analysis of Students' Difficulties in Learning Listening (A Study at SMAN 11 Banda Aceh). Faculty Ar-Raniry State Islamic University Darussalam - Banda Aceh. (iv)

Merriam-Webster.com. 2020. “Definition of Difficulties“. Merriam- Webster Retrieved from https://www.merriam-webster.com/dictionary/difficulty. accessed on June 15th 2020

Murcia, Marianne Celce, Donna M. Brinton dan Margueritte Ann Snow. (2014) Teaching English as a Second or Foreign Language. USA: Heinle.

Oxford Dictionary on Lexcico. 2020. “Definition of Difficulties“. Oxford-Lexcico Retrieved from https://www.lexico.com/definition/difficulty accessed on June 15th 2020

Pollard, Lucy. (2008). Teaching English.UK : Longman

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B, Bandung : Alfabreta Spector.

Underwood, M. (1990). Teaching Listening. London: Longman.

Additional Files

Published

2021-01-05

How to Cite

Andika, A., & Indah Sari, A. (2021). The Analysis of Learning Listening Difficulties Toward English Education Study Program Students at University of Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen in the Academic Year 2019/2020. English Education and Literature Journal (E-Jou), 1(01), 9–15. https://doi.org/10.53863/ejou.v1i01.115