The Analysis of Learning Listening Difficulties Toward English Education Study Program Students at University of Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen in the Academic Year 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.53863/ejou.v1i01.115Keywords:
Listening, Kesulitan, Kualitatif, Analisis, Difficulties, Qualitative, Analysis, The Analysis of Learning Listening Difficulties Toward English Education Study Program Students at University of Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen in the Academic Year 2019/2020Abstract
Abstrak
Listening adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai dalam belajar bahasa Inggris. Bagaimanapun, belajar Listening sangat penting karena dapat membantu membangun pondasi untuk belajar keterampilan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan kesulitan belajar Listening yang paling sering dihadapi mahasiswa di Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen. Penelitian ini dilakukan di Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam bentuk gambar dan kata. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mendapatkan pelajaran Listening dan terdaftar sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: terdapat lima permasalahan yang menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam belajar dan melakukan Listening. (1) Speakers berbicara terlalu cepat. (2) Keterbatasan kosa kata yang dimiliki siswa dalam aktivitas atau latihan Listening, menyebabkan siswa sulit menangkap kata-kata dengan jelas dalam pelajaran Listening. (3) Kurang konsentrasi dalam Listening. (4) mahasiswa merasa audio speaker tidak jelas. (5) sedikitnya waktu untuk belajar dan praktek Listening.
Kata Kunci : Listening, Kesulitan, Kualitatif, Analisis
References
References
Dirven, R., & Oakeshott-Taylor, J. (1984). Listening comprehension (Part I). The International Abstracting Journal for Language Teachers and Applied Linguistics,17(4),326-343retrievedfrom http://dx.doi.org/10.1017/S026144480001082X
Gilakjani, A, P. & Sabouri, N, B. (2016). Learners’ Listening Comprehension Difficulties in English Language Learning: A Literature Review. Canadian Center of Science and Education. Retrieved from http://dx.doi.org/10.5539/elt.v9n6p123
_____A Study of Factors Affecting EFL Learners' English Listening Comprehension and the Strategies for Improvement. Journal of Language Teaching and Research, Vol. 2, No. 5
Granahan, J. (2020). A 5-Step Method to Improve Your Listening Skills. Retrieved from https://www.fluentin3months.com/improve-your-listening-skills/ accessed on July 8th 2020
Hermawan. Herry. (2012). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berkomunikasi Yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Albi, A & Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak. 245
KBBI Dictionary. 2020. “definition of Students”. KBBI Retrieved from https://kbbi.web.id/siswa accessed on June 15th 2020
Maulida, R. (2018). An Analysis of Students' Difficulties in Learning Listening (A Study at SMAN 11 Banda Aceh). Faculty Ar-Raniry State Islamic University Darussalam - Banda Aceh. (iv)
Merriam-Webster.com. 2020. “Definition of Difficulties“. Merriam- Webster Retrieved from https://www.merriam-webster.com/dictionary/difficulty. accessed on June 15th 2020
Murcia, Marianne Celce, Donna M. Brinton dan Margueritte Ann Snow. (2014) Teaching English as a Second or Foreign Language. USA: Heinle.
Oxford Dictionary on Lexcico. 2020. “Definition of Difficulties“. Oxford-Lexcico Retrieved from https://www.lexico.com/definition/difficulty accessed on June 15th 2020
Pollard, Lucy. (2008). Teaching English.UK : Longman
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B, Bandung : Alfabreta Spector.
Underwood, M. (1990). Teaching Listening. London: Longman.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal