Pengaruh Metode Show and Tell terhadap Kemampuan Berkomunikasi Lisan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Najmah Rugayah Darus Medan
Keywords:
Kemampuan Berkomunikasi Lisan, Metode Show and TellAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Lisan Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Najmah Rugayah Darus Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental design menggunakan nonequivalent control group design dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh populasi terdiri dari 28 orang anak yang dikelompokan menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik SPSS 22 yaitu uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 22,785, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 15,928, yang artinya kemampuan berkomunikasi lisan anak pada kelas eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan kelas kontrol dan hasil uji hipotesis sample t-test yaitu 2-tailed 0,000 < dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode show and tell terhadap kemampuan berkomunikasi lisan anak usia 5-6 tahun di TK Najmah Rugayah Medan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Niken Farida, Rahmi Ningsih, Hilma Mithalia Shalihat, Rosa Nurlina Laia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal