Pengaruh Metode Show and Tell terhadap Kemampuan Berkomunikasi Lisan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Najmah Rugayah Darus Medan

Authors

  • Niken Farida PG-PAUD USM Indonesia
  • Rahmi Ningsih Universitas Syiah Kuala
  • Hilma Mithalia Shalihat PG-PAUD USM Indonesia
  • Rosa Nurlina Laia PG-PAUD USM Indonesia

Keywords:

Kemampuan Berkomunikasi Lisan, Metode Show and Tell

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Lisan Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Najmah Rugayah Darus Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental design menggunakan nonequivalent control group design dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh populasi terdiri dari 28 orang anak yang dikelompokan menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik SPSS 22 yaitu uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 22,785, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 15,928, yang artinya kemampuan berkomunikasi lisan anak pada kelas eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan kelas kontrol dan hasil uji hipotesis sample t-test yaitu 2-tailed 0,000 < dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode show and tell terhadap kemampuan berkomunikasi lisan anak usia 5-6 tahun di TK Najmah Rugayah Medan.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Niken Farida, Ningsih, R., Hilma Mithalia Shalihat, & Rosa Nurlina Laia. (2025). Pengaruh Metode Show and Tell terhadap Kemampuan Berkomunikasi Lisan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Najmah Rugayah Darus Medan. Stimulus, 5(1), 1–12. Retrieved from https://jurnal.umnu.ac.id/index.php/sti/article/view/1776