Penggunaan Media Kartu Berwarna untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Bahasa Indonesia tentang Pantun bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Wonorejo Kecamatan Karanganyar kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2017/2018

Waluyatiningsih Waluyatiningsih

Abstract


Penulis memilih penelitian ini karena dilatarbelakangi permasalahan yang terjadi di dalam kelas antara lain; 1] Apakah penggunaan metode Kooperatif dapat membantu atau mempermudah siswa dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia ,Tentang Berbalas Pantun . 2] Apakah metode Kooperatif dapat berdampak pada peningkatan hasil belajar belajar siswa SDN I Wonorejo Kelas IV tentang melakukan Berbalas Pantun. 3] Apakah penggunaan metode kooperatif dapat berdampak pada kesungguhan belajar siswa kelas IV SDN I Wonorejo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang melakukan Berbalas Pantun dengan media Kartu warna dan penyampaian Pantun diiringi sumber bunyi ,agar siswa bersemangat dan bergembira.

Secara umum peneliti ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia tentang berbalas pantun .,dengan metode Kooperatif. Adapun khusus tujuan peneliti ini untuk memperoleh informasi tentang; 1) Analisis dampak penggunaan metode Kooperatif dalam membantu atau mempermudah siswa dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Pantun tepatnya berbalas Pantun., 2) Analisis dampak dari penggunaan metode Kooperatif terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa kelas IV SDN I Wonorejo, 3) Analisis dalam kesungguhan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang Berbalas Pantun dan penyampaian diiringi sumber bunyi agar serius dan gembira.Bagi siswa SDN I Wonorejo THAjaran 2017/ 2018..
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan melalui 4 tahap yaitu; Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), Observasi (observing) dan Refleksi (reflecting) yang dilaksanakan pada setiap siklus ke-I dan siklus ke-II terhadap siswa kelas IV SDN I Wonorejo, Kecamatan Karangganyar, Kabupaten Kebumen Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018.

Sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data Kuantitatif atau tes formatif serta data Kualitatif atau pendapat berupa angket dan pengamatan observasi. Dalam penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa penggunaan metode Kooperatif pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Pantun ,yaitu berbalas Pantun ,i dapat membantu atau mempermudah siswa dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Pantuni. Hal itu terbukti pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rata-rata 73,75 yang mana 50% siswa tuntas sedangkan pada siklus ke II nilai rata-rata nya 83,75 atau 100 % tuntas.

Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Pantun Media Kartu Warna diiringi ,Musik sederhana atau sumber bunyi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Temukan Jurnal di GARUDA RISTEKDIKTI, Temukan Jurnal di GOOGLE SCHOLAR,